ANALISIS PSIKOLOGI REMAJA DALAM ANTOLOGI KARYA SASTRA SUARA-SUARA BANGKU SEKOLAH

Adek Dwi Oktaviantina

Abstract


Abstrak

Antologi Suara-Suara Bangku Sekolah adalah antologi hasil literasi sekolah melalui kegiatan Kantor Bahasa Banten bekerja sama dengan SMAN 5 Kota Cilegon. Cerpen dan puisi siswa SMAN 5 Kota Cilegon merupakan hasil karya literasi sastra yang memuat karya sesuai dengan psikologi remaja.  Rumusan masalah penelitian adalah  bagaimanakah analisis psikologi sastra dalam antologi karya sastra Suara-Suara Bangku Sekolah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan psikologi remaja dalam Antologi karya sastra Suara-Suara Bangku Sekolah oleh SMAN 5 Cilegon. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori psikologi sastra. Hasil penelitian adalah puisi remaja dalam kumpulan puisi Suara-Suara Bangku Sekolah karya literasi SMAN 5 Kota Cilegon berisi tentang perkembangan psikologi remaja yang memiliki tema dan amanat berkaitan empati sosial, hubungan sosial, kasih sayang keluarga, refleksi diri, dan kepedulian sosial. Kelima tema tersebut menunjukkan bahwa siswa SMN 5 Kota Cilegon memiliki perkembangan psikologi remaja yang sesuai dengan perkembangan remaja seusia mereka yang  berkembang dengan baik.

Kata kunci: puisi, psikologi sastra

 

Abstract

Anthology of School School Sounds by SMAN 5 Cilegon is the anthology of the results of school literacy through the Banten Language Office activities in collaboration with high schools. High school students' short stories and poems are literary works that contain works in accordance with adolescent psychology. The formulation of the research problem is how the analysis of literary psychology in the anthology of the works of the Suara Bangku Sekolah by SMAN 5 Cilegon. The purpose of this research is to describe adolescent psychology in the Anthology of the work of the Suara Bangku Sekolah by of SMAN 5 Cilegon. The method used is a qualitative method. The theory used is the theory of literary psychology. The results of the study are teenage poems in the collection of School Sounds by the students of SMAN 5 Cilegon literacy students, which contain the development of adolescent psychology that has themes and mandates relating to social empathy, social relationships, family love, self-reflection, and social care. The five themes show that students of SMAN 5 Cilegon have adolescent psychology development that is in accordance with the development of adolescents their age who are developing well.

 

Password: poetry, psychology of literature

 


Keywords


psikologi, perkembangan remaja, puisi

Full Text:

PDF

References


Adi, Ida Rochani. 2016. Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Astuti. 2016. Analisis Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Entrok karya Okky Madasari serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas. Basastra, Volume 4, Nomor 2 bulan Oktober.

Faruk, Prof. 2015. Metode Penelitian Sastra (Sebuah Penjelajahan Awal). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhana, Siti. 2009. Analisis Tokoh Utama dengan Teori Psikoanalisa Sigmeund Freud pada Cerpen Hanakarya Akutagawa Ryounosuke. Universitas Negeri Semarang: Skripsi tidak diterbitkan.

Santrock, John. W. 2007. Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas Jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sayuti, Suminto. 2010. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Penerbit Gama Media.

-------------------. 2017. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Cantrik Pustaka

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra (Analisis Struktur Puisi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Penerbit Angkasa.

Utami, Ayu. 2017. Menulis dan Berpikir Kreatif Cara Spiritualisme Kritis Jilid 1. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v14i2.1818

DOI (PDF): https://doi.org/10.26499/loa.v14i2.1818.g990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
View My Stats -->