PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM HEADLINE TRIBUN KALTIM EDISI 10 FEBRUARI 2013 "ANAS MELAWAN TITAH SBY" (SUATU KAJIAN PRAGMATIK)

Afritta Dwi Martyawati

Abstract


                                                    Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk deiksis yang sering digunakan dalam ranah surat kabar. Subjek penelitian ini adalah headline Surat Kabar Tribun Kaltim Edisi 10 Februari 2013 yang berjudul “Anas Melawan Titah SBY”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Deiksis yang terdapat dalam headline Surat Kabar Tribun Kaltim Edisi 10 Februari 2013 yang berjudul “Anas Melawan Titah SBY” meliputi deiksis persona, deiksis spasial, dan deiksis
temporal. Deiksis persona yang ditemukan adalah saya, kita, ia, -nya, calon Bupati Lebak yang diusung Demokrat, tokoh Sengkuni, dan mereka. Deiksis spasial yang ditemukan adalah pemakaian demonstratifini dan itu. Deiksis temporal yang digunakan adalah bentuk nomina temporal sembilan jam setelah...., sebelumnya, dan sekarang ini.
Kata kunci : deiksis, deiksis persona, deiksis spasial, deiksis temporal.


                                                    Abstract
This study aims to reveal deixis in newspapers. The subject of this study is a headline of Tribun Kaltim on February 10th, 2013 titled “Anas Melawan Titah SBY”. It is descriptive study. The result shows that it applies personal deixis (saya, kita, ia, -nya, calon Bupati Lebak yang diusung Demokrat, tokoh Sengkuni, and mereka), spacial deixis (ini and itu), and temporal deixis (sembilan jam setelah....,
sebelumnya, and sekarang ini).
Keywords: deixis, personal deixis, spacial deixis, temporal deixis


Full Text:

PDF

References


Brown, Penelope., dan Stephen C. Levinson.

Politeness: Some Universal in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press. Djajasudarma, Fatimah. 2010. Wacana:

Pemahaman dan Hubungan Antarunsur. Bandung: Refika Aditama.

————. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Eresco. Jejak Nasionalisme Sajak-Sajak dalam Koran Masyarakat Baru 95 Gunarwan, Asim. 2004. Dari Pragmatik ke

Pengajaran Bahasa (Makalah Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah). IKIP Singaraja. Hurford, James, R & Brendan Heasley. 1983.

Semantics: a Coursbook. Cambridge: Cambridge University Press.

Levinson, Stephen. 1983. Pragmatics. London: Cambridge University Press.

Nababan, P.W.J. 1987. Ilmu Pragmatik (Teori dan Penerapannya). Jakarta: Depdikbud. Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Purwo, Bambang Kaswanti. 1984. Deiksis dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik.

Semarang: IKIP Semarang Press.

Strazny, Philipp. 2005. Encyclopedia of Linguistics Vol. 1. New York: Taylor & Francis Books Inc. Thomas, Jenny. 1995. Meaning in Interaction:

an Introduction to Pragmatics. London/New York: Longman.

Trask, R.L. & Bill Mayblin. 2000. Introducing Linguistics. NSW: Allen & Unwin Pty. Ltd. Yule, George. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.

Yule, George. 1996. Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v1i1.2040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->