NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA ANAK "DOA UNTUK AMANG KANI" KARYA SITI MAKIAH

Jahdiah Jahdiah

Abstract


Cerita anak  termasuk dalam sastra anak yang disajikan khusus untuk anak-anak. Tulisan ini bertujuan mendeskripsikan tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerita anak Doa untuk Amang. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang ada dalam cerita anak Doa untuk Amang  Kani dan indikator apa saja yang ada dalam setiap nilai pendidikan karakter tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat. Hasil analisis data bahwa dalam cerita anak Doa untuk Amang Kani terdapat lima nilai pendidikan karakter, yaitu (1) Keimanan dan ketakwaan, (2) Kejujuran. (3) Kecerdasan (4) Ketangguhan. (5) Kepedulian. Kelima nilai pendidikan karakter tersebut masing-masing mempunyai indikator.


Keywords


: Cerita Anak, Nilai Pendidikan Karekter, dan Indikator

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Carol Lynch Brow dan Carl M Tomlison. (1993). Essential s of Children ’s Literature. New York: Northem Illnois University.

Hasanuddin. (2015). Sastra Anak:Kajian Tema, Amanat, dan Teknik Penyampaian Cerita Anak Terbitan Surat Kabar. Bandung: Angkasa.

Hasimah, N. dkk. (2015). Kelangsungan Moral dalam Karya Sastra Kanak-Kanak. In R. Nurfaidah (Ed.), Seminar Internasional Sastra. Bandung: UNPAD Press.

Hayati, Y. (2015). Menulis (kembali) Sastra Anak dalam Sejarah Sastra Indonesia. In R. dkk. Nurfaidah (Ed.), Seminar Internasional Sastra. Bandung: UNPAD Press.

Kusmiatun, A. (2016). Model Pembelajaran Puisi “Cipta Baru” :Sebuah Inovasi Pembelajaran Sastra Berbahasa Multikultural. Loa:Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 11(2), 117--133.

Lucken, R. J. (2003). Citical handbook of Childrens Literature. New York: Longman.

Moleong. L.J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra Anak:Pengantar, Pemahaman, Dunia Anak. Yogjakarta: Gajahmada University Press.

Obi, C. dkk. (2010). Children’s Literature. Nigeria: University of Nigeria.

Pramuki, E. (2000). Apresiasi Karya Sstra Anak Secara Reseptif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rampan, K. L. (2003). Teknik Menulis Cerita Anak. Yojakarta: Pinkbook.

Sarumpaet, R. T. (2002). Sastra Masuk Sekolah.

Semi, M. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa Jaya.

Siti, Makiah. (2010) Doa Untuk Amang Kani:Banjarbaru

Sugiati. (2013). Kajian Sastra Anak "Kecil-Kecil Punya Karya The Evergrean Karya Nisrina Hanifah dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Humanity, 8(2).

Wianti, F. (2014). "Analisis Nilai Karakter dalam Cerita Anak Kecil-Kecil Punya Karya". Universitas Syiah Kuala.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v15i2.2206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 

-->