PENGUNGKAPAN IDENTITAS MENTERI PADA MATERI KOMEDI PENTAS DRAMA "PRESTASI TANPA KORUPSI"

Pandu Pratama Putra

Abstract


Komedi memiliki peran penting di dalam kehidupan. Kehadirannya merupakan salah satu cara sederhana untuk membuat komunikasi antar manusia menjadi lebih lancar. Komedi juga menjadi milik semua orang di dunia. Tidak ada batasan pihak yang boleh dan tidak boleh berkomedi. Pemerintah juga dapat memanfaatkan komedi sebagai alat mendekatkan diri pada masyarakat, seperti yang dilakukan oleh tiga menteri pada pentas drama Prestasi Tanpa Korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pembangunan komedi yang dilakukan oleh menteri pada pentas drama Prestasi Tanpa Korupsi. Pengungkapan identitas pada komedi menggunakan teori praanggapan atau presupposisi yang dimiliki oleh ilmu pragmatik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menelaah data rekaman pentas drama Prestasi Tanpa Korupsi. Penelitian ini mengungkapkan hasil berupa komedi yang dibangun dari identitas ketiga menteri. Komedi dibangun secara sederhana dan dapat diimitasi oleh masyarakat yang awam dalam dunia komedi.

Keywords


praanggapan; komedi; menteri

Full Text:

PDF

References


Cahyono, Rudi Tri, Niken Iriani LNH, dan Sri Lestari. 2002. Kecenderungan Somatisasi Ditinjau dari Sense of Humor dan Kemampuan Menyelesaikan Masalah. Jurnal Indigenous 6 (2): 160—167. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Wacana & Pragmatik. Bandung: PT. Refika Aditama.

Djatmika. 2016. Mengenal Pragmatik Yuk!?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi: Untuk ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Nadar, F.X. 2013. Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Putra, Pandu Pratama. 2019. Pelanggaran Muka Positif dan Negatif Pengguna Bahasa Kutai pada Kolom Komentar Akun Instagram Info_Kukar. Dalam Masfufah (Ed.). Kearifan Lokal Kalimantan Timur:Bunga Rampai Hasil Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan: 154—174. Samarinda: Kantor Bahasa Kalimantan Timur.

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rahardi, R. Kunjana. 2010. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Rahmanadji, Didiek. 2007. Sejarah, Teori, Jenis, dan Fungsi Humor. Jurnal Bahasa dan Seni 35 (2): 214—221. Malang: Universitas Negeri Malang.

www.bbc.com/indonesia. Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir: Para Calon Menteri Muda di Kabinet Jokowi yang Diharap Membawa Perubahan. Diakses 24 Januari, 2020.

www.kanal.co. 10 Manfaat Ketawa. Diakses 27 Januari, 2020.

Yule, George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v15i2.2238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 

-->