ANALISIS TINDAK TUTUR PADA BACAAN BUKU TEMATIK KELAS 5 TEMA 9 SUBTEMA 4

Novita Putri Amalia, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Tindak tutur merupakan suatu ujaran untuk menyatakan maksud dan tujuan pembicara agar diketahui oleh pendengarnya. Tindak tutur memiliki bentuk yang bervariasi untuk menyatakan suatu tujuan. Setiap individu memiliki berbagai macam tindak tutur yang memiliki maksud dan tujuan tersendiri. Makna dari tindak tutur dapat dipahami berdasarkan penggunaan bahasa, dan juga aspek-aspek komunikasi. Terdapat tiga macam tindak tutur yaitu tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi.

Keywords


pragmatik, tindak tutur

Full Text:

PDF

References


Susanti, H. 2014. Analisis Bentuk Tindak Tutur Pada Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sholeh, K. 2016. Analisis Tindak Tutur Dalam Cerpen Burung Luri Karya Aryanti Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Laila, S. A. N., & Admojo, W. 2019. Tindak Tutur Ilokusi Pada Novel Yorick Karya Kirana Kejora Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Aliyah. Program Doktoral IAIN Surakarta, Surakarta.

Rasa, M. P. D. B., Andayani, A., & Ulya, C. 2019. Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Dialog Naskah Drama Peace Karya Putu Wijaya Dan Relevansinya Dengan Materi Ajar Sastra Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Abdurrahman, A. 2006. Pragmatik: Konsep Dasar Memahami Konteks Tuturan. Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wiranty, W. 2016. Tindak Tutur dalam Wacana Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Jurnal Pendidikan Bahasa. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Rohmadi, M. 2014. Kajian pragmatik percakapan guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Paedagogia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Lestari, A. T. 2010. Tindak Tutur Ilokusi dalam Wacana Ah Tenane pada Surat Kabar Solopos Edisi Mei 2010. Program Doktoral Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Purba, A. 2011. Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. Jambi: Universitas Jambi.

Aziz, S. R. 2012. Tindak Tutur Lokusi dan Perlokusi dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Program Doktoral Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Fitriah, F., & Fitriani, S. S. 2017. Analisis Tindak Tutur dalam Novel Marwah di Ujung Bara Karya RH Fitriadi. Master Bahasa. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Laila, S. A. N., & Admojo, W. 2019. Tindak Tutur Ilokusi Pada Novel Yorick Karya Kirana Kejora dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah. Program Doktoral IAIN Surakarta, Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v15i2.2579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 

-->