PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK TUNAS BANGSA TAWANGSARI DENGAN METODE DARING

Dafit Exfarudin, Putri Ramadaningrum, Suparmin Suparmin, Sarwini Sarwini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan whatsapp pada pembelajaran bahasa indonesia di smk tunas bangsa tawangsari dengan metode daring . Kegiatan mengajar biasanya dilakukan secara tatap muka, namun setelah terjadi pandemi ini, Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Bangsa Tawangsari melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Dalam artikel ini penulis menggunakan strategi subjektif yang berbeda. Dengan memanfaatkan strategi grafis subjektif dalam eksplorasi ini, objek objektif fundamental yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Tunas Bangsa Tawangsari. Sehingga menghasilkan fakta bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SMK Tunas Bangsa Tawangsari dengan menggunakan aplikasi WhatsApp sangat efektif dan efisien untuk pembelajaran secara online. Seorang guru dapat menyampaikan materi melalui berbagai fitur yang disediakan oleh WhatsApp dengan berbagai fungsi dalam satu aplikasi.


Keywords


Aplikasi, Pembelajaran Daring, WhatsApp

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v16i1.3087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->