MELACAK JAKARTA DARI 1950-AN SAMPAI DENGAN 1970-AN DALAM KARYA SASTRA

Erli Yetti, Erlis Nur Mujiningsih

Abstract


Abstrak

Artikel ini ditulis dengan tujuan melakukan pelacakan wilayah Jakarta dalam karya Bukan Pasar Malam, Keajaiban di Pasar Senen, Matias Akankari, dan Ali Topan Anak Jalanan. Pelacakan wilayah di dalam karya sastra ini menjadi penting untuk melengkapi pembuatan peta yang dilakukan oleh kartograf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan adalah sosiologi sastra dan kartografi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah wilayah-wilayah yang digambarkan dalam 4 karya sastra yang dibahas pada tahun 1950-an sampai 1960-an adalah wilayah Jakarta Pusat. Wilayah ini digambarkan sebagai sebuah tempat yang padat penduduknya, juga pusat peradaban atau pusat kebudayaan, secara khusus Pasar Senen. Jakarta pada masa itu merupakan kota yang ramai dan sudah penuh dengan debu, tetapi masih dikelilingi oleh dusun dan wilayah persawahan. Pada tahun 1970-an kondisi Jakarta sudah mulai berubah. Kota satelit Kebayoran Baru dikenal sebagai wilayah orang “gedongan”. Beberapa tempat wisata juga sudah ada yakni Bina Ria dan Taman Ria Senayan. Namun, ada yang menarik sejak tahun 1950-an sampai 1970-an kehidupan malam di kota Jakarta sudah ramai.

Kata kunci: Jakarta, Kartografi, Jakarta Pusat, Kebayoran Baru

 

Abstract

It aims to track literary works of Bukan Pasar Malam, Keajaiban di Pasar Senen, Matias Akankari, And Ali Topan Anak Jalanan in Jakarta. This tracing is important in order to complete the map-making by cartographers. It is qualitative research. The theories used are sociology of literature and cartography. The result reveals that Central Jakarta was the areas described in those four literary works in the 1950s to the 1960s. It was described as a densely populated place, as well as a center of civilization or cultural center, especially Pasar Senen. Jakarta at that time was a busy city and full of dust, but it was still surrounded by villages and rice fields. In the 1970s Jakarta had begun to change. The satellite city of Kebayoran Baru was known as the area of “gedongan” people. There were several tourist attractions, namely Bina Ria and Taman Ria Senayan. There was an interesting fact about the busy night life in Jakarta since the 1950s to the 1970s.

Keywords: Jakarta, cartography, Central Jakarta, Kebayoran Baru.


Full Text:

PDF

References


A. Teeuw. (1980). Sastra Baru Indonesia. Nusa Indah.

Ajip Rosidi. (1986). Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia. Binacipta.

Akhir Matua Harahap. (2019). “Sejarah Jakarta (47):Pasar Senen, Pasar Sness, Pasar Lama Weltevreden; Cornelis Chastelein, Vinck, Mossel, Parra, Deandels.” poestahadepok.blogspot.com/2019/05/sejarah-jakarta-47-pasar-senen.html.

Barbara Piatti, Hans Rudolf Bar, Anne-Kathin Reuschel, Lorens Hurni, and W. C. (2009). “Mapping Literature:Towards a Geographic of Fiction.” In A. L. William Cartwright, Georg Gartner (Ed.), Carthography and Art. Springer, Berlin, Heidellberg.

Dianthinus Louisa Pattiasina. (2014). Kajian Estetika dan Realisme Sosialis Tiga Patung Monumen (Patung Selamat Datang, Pembebasan Irian Barat, dan Dirgantara) Era Soekarno di Jakarta. Widya, 2(1).

Fadrik Aziz Firdaus. (2019). Sejarah Toko Buku Agung Bermula dari Haji Masagung. today.line.me/id/v2/article/2rPOyX

Firman Lubis. (2018). Jakarta 1950—1970. Masup.

Gerson Poyk. (1975). Matias Akankari. Balai Pustaka.

Halimah. (2009). “Konteks, Fungsi, dan Nilai Sosial Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer sebagai Model Pembelajaran Kajian Prosa Fiksi di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FPBS, UPI Bandung.”

Hasanuddin W.S. (2009). Drama: Karya dalam Dua Dimensi:Kajian, Teori, Sejarah, dan Analisis. Angkasa.

Misbach Jusa Biran. (1971). Keajaiban di Pasar Senen. Pustaka Jaya.

Pramoedya Ananta Toer. (2013). Bukan Pasar Malam. Lentera Dipantara.

punyaubay. (2014). “Istana Kepresidenan Indonesia.” https://www.kaskus.co.id/thread/540335d660e24bcb0a8b4570/istana-kepresidenan-indonesia/

Robert Escarpit. (2008). Sosiologi Sastra. Yayasan Pustaka Obor.

Rycho Korwa. (2013). Proses Integrasi Irian Barat ke Dalam NKRI. Politico, 2(1).

S.M. Ardan. (1971). Pengantar Buku Keajaiban di Pasar Senen. In Keajaiban di Pasar Senen. Pustaka Jaya.

Sapardi Djoko Damono. (1979). Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudjarwoko. (2010). "Kontribusi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi DKI Jakarta”. Universitas Indonesia.

Teguh Esha. (2000). Ali Topan Anak Jalanan. PT Visi Gagas Komunika.

Vicentius Gitiyarko Priyatno. (2017). “Konteks Sosial dan Ideologi Proletar Tokoh Utama dalam Novel Bukan Pasar Malam Karya Pramoedya Ananta Toer.” Universitas Sanata Dharma.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v16i1.3562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->