NILAI MORAL DALAM NOVEL KAMI (BUKAN) SARJANA KERTAS KARYA J.S KHAIREN: TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH

Nurul Mutiah Romadhani, Ika Martanti Mulyawati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang muncul pada novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai moral yang terkandung dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen dengan tinjauan sosiologi sastra, (2) untuk mengetahui relevansi novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen dengan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MA.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakan atau bisa disebut library research. Penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan mendeskripsikan nilai moral yang muncul dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen dengan tinjauan sosiologi sastra. Selain itu, juga untuk mendeskripsikan relevansi novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X MA. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya JS Khieren, terbitan PT Bukune Kreatif Cipta, memiliki 355 halaman dan diterbitkan pada 2019 dan sumber buku referensi, jurnal, skripsi, tesis, maupun artikel yang mendukung dan menunjang permasalahan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak dan teknik catat. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini mengguakan teknik triangulasi teori. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan teknik analisis data interakif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (1) Hasil dari penelitian ini ditemukan 5 nilai moral yang muncul dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S Khairen, diantaranya adalah nilai moral tanggung jawab terdiri dari 1 data, kasih sayang terdiri dari 1 data, peduli terdiri dari 1 data, religius terdiri dari 1 data, pantang menyerah terdiri dari 1 data (2) Novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya JS Khairen sangat relevan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di MA yang sesuai dengan kurikulum 2013 kelas X semester genap, yaitu dengan materi sastra, tepatnya KD 3.18 Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. Sehingga novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya JS Khairen tersebut sangat relevan untuk dijadikan sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata kunci: Nilai Moral, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Novel.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v17i1.4588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->