TEMA DAN NILAI MAKNA LIMA CERITA PENDEK DALAM TERBITAN MANUNTUNG DI KALIMANTAN TIMUR (PERIODE 1989)

Yudianti Herawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur intrinsik pada lima cerpen terbitan Manuntung periode 1989 yang berkaitan dengan tema dan nilai makna. Masalah dalam penelitian ini diharapkan mampu menganalisis struktur cerita dalam ketujuh cerpen terbitan Manuntung periode 1989. Permasalahan tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut (1) bagaimana bentuk ringkasan cerita kelima cerpen yang terbit di Manuntung, (2) bagaimanakah tema kelima cerpen yang terbit di Manuntung, dan (3) bagaimana pula nilai makna kelima cerpen yang terbit di Manuntung. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan memanfaatkan teknik deskripsi, sedangkan teori yang digunakan adalah struktur intrinsik. Teknik analitik juga digunakan untuk menentukan nilai makna dalam cerpen-cerpen itu sebagai objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema dalam kelima cerpen terbitan Manuntung periode 1989 di Kalimantan Timur (1) memiliki keragaman tema, alur, dan karakteristik tokoh yang berbeda dan dibangun berdasarkan struktur intrinsik, (2) nilai makna yang berkembang dalam ketujuh cerpen itu adalah realitas sosial yang dialami oleh masyarakat pada umumnya dengan latar dan waktu yang terjadi di lingkungan pengarang.

 

Kata kunci: cerpen, struktur, intrinsik, nilai, makna

 


Full Text:

PDF

References


BK, Puri. Cerpen ”Tangis Duka Itu Tertunda”. Balikpapan: Terbitan Manuntung. (Sabtu, 22 April 1989 halaman VI).

Boenna, Roedy R. Masykoer. Cerpen ”Ketika Mahakam Berhenti Mengalir”. Balikpapan: Terbitan Manuntung. (Jumat, 10 Maret 1989 halaman VI).

Culler, Jonathan. 1975. Structuralist Poetics: Structuralism, linguistics and the Study of Literature. London: Routledge and Kegan Paul, Ltd.

Herawati, Yudianti 2021. ”Tema dan Nilai Moral dalam Empat Cerita Pendek Terbitan Surat Kabar Manuntung di Kalimantan Timur” dalam Jurnal LOA Ketatabahasaan dan Kesusatraan. Volume 16 Nomor 1, Juni 2021. Halaman 1--83. Samarinda: Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur.

Kuntowijoyo. 1987. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Pribadi, Jaka. Cerpen ”Salah Langkah”. Balikpapan: Terbitan Manuntung. (Rabu 1 April 1989 halaman VI).

Pudawari, Herawati, Yudianti, dan Kurniawati, Diyan. 2004. ”Cerita Pendek Indonesia di Kalimantan Timur (Tahap I)” dalam Laporan Penelitian Proyek Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Departemen Pendidikan Nasional. Samarinda: Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur.

Rampan, Korrie Layun. 2011. ”Kalimantan Timur dalam Sastra Indonesia” dalam Korrie Layun Rampan. Sumbangan Borneo Kalimantan terhadap Sastra Indonesia, Brunei Darussakam, dan Malaysia. Yogyakarta: Araska Printika.

Siswandarti, 2009. Teori Pengkajin Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjiman, Panuti. 1991. Memahami Cerita Rekaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tono, DP. Cerpen ”Kidung Nostalgia Suatu Masa”. Balikpapan: Terbitan Manuntung. (Sabtu, 27 Mei 1989 halaman VI).

Trunajaya, Herr. Cerpen ”Pijar Sepasang Mata”. Balikpapan: Terbitan Manuntung. (Selasa 3 Januari 1989 halaman VI).

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v17i1.4672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->