MONOPOLI LEARNING: EFEKTIVITAS PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Mafi Sri Wahyu Tiara, Didah Nur Hamidah

Abstract


Monopoli Learning merupakan sebuah media pembelajaran yang memanfaatkan Coreldraw sebagai aplikasi yang memfasilitasi ruang dan gerak media tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur media Monopoli Learning dan mendeskripsikan keefektifan dari media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek dan responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP Almubarak Pondok Aren. Teknik yang digunakan pada penyajian hasil penelitian berupa tampilan media pembelajaran Monopoli Learning dan dokumentasi data yang dihasilkan dari responden penelitian. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Monopoli Learning termasuk media pembelajaran yang disukai oleh siswa, dapat membantu siswa memahami materi, termasuk media yang menarik, dapat membuat siswa menyukai pelajaran Bahasa Indonesia, cocok diterapkan di kalangan pelajar, dan dapat memotivasi siswa untuk terus belajar Bahasa Indonesia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Monopoli Learning termasuk media pembelajaran yang efektif digunakan sebagai media belajar Bahasa Indonesia.

Keywords


Monopoli Learning, Efektivitas, Media Pembelajaran, Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Andi. 2015. CorelDraw X7 untuk Pemula. Yogyakarta: CV Andi Offset & Madcoms.

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Atika, Sella. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan CorelDraw X7 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Materi Dakwah Nabi Muhammad SAW Kelas IV MI. Skripsi UIN Raden Intan Lampung Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Bakti, Surya, dkk. 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3 Menggunakan Metode WEB Based Learning (WBL). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM) Vol. 3 No. 4.

Fitriyawani. 2013. Penggunaan Media Permainan Monopoli Melalui Pembelajaran Kooperatif pada Mahasiswa Fisika Fakultas Tarbiyah dengan Konsep Tata Surya. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Vol. 13 No. 2.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sahronih, S., dkk. 2019. The Effect of Interactive Learning Media on Student’s Science Learning Outcomes. ICIET 2019: Proceedings of The 2019 7th International Conference on Information and Education Technology.

Setiawan, Ifan, dan Nur Syamsiyah. 2021. Penggunaan Aplikasi Coreldraw X7 Sebagai Media Pembelajaran Teks Biografi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Prosiding Samasta: Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia.

Suciati, Sri, dkk. 2015. Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar Vol. 2 No. 2.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana. 2018. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prama.

Syakur, A, dkk. 2020. The Effectiveness of Reading English Learning Process Based on Blended Learning through “Absyak” Website Media in Higher Education. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal Vol. 3 No. 2.

Utami, Reny Dwi, dkk. 2015. Penggunaan Media Monopoli Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Membaca Komprehensif Pada Siswa SMP Negeri 1 Nguntoronadi Kabupaten Magetan. Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 3 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v18i1.5553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->