ANALISIS SEMANTIK PADA PUISI “SEPUCUK NASI DI JEMARIMU” KARYA CANDRA MALIK

Yuli Saputri

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan makna semantik dalam puisi Sepucuk Nasi Di Jemarimu karya Candra Malik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian semantik. Sumber data yang digunakan adalah teks puisi berjudul Sepucuk Nasi Di Jemarimu karya Candra Malik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian terkait analisis makna semantik puisi Sepucuk Nasi Di Jemarimu memfokuskan pada empat jenis makna serta terdapat penggunaan kosakata yang memiliki makna sebenarnya. Puisi tersebut menceritakan tentang kebahagiaan seseorang ketika dapat berbagi dengan orang lain meskipun dengan hal-hal yang sederhana.

 

Kata-kata kunci:  analisis semantik, puisi, Sepucuk Nasi Di Jemarimu


Full Text:

PDF

References


Afriani, Riska. 2021. “Analisis Kajian Semantik Pada Antologi Puisi Di Bawah Senja Kita Bercerita Karya Titi Sanaria Dan Lila Saraswaty.” Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.

Al-Ma’ruf, Ali Imron, Farida Nugrahani. 2017. Pengkajian Sastra: Teori Dan Aplikasi. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press.

Darmawati, Uti. 2019. Semantik, Menguak Makna Kata. Bandung: Pakar Jaya.

Harun, Mohd. 2018. Pembelajaran Puisi Untuk Mahasiswa. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hutagalung, Winda. 2021. “Analisis Semantik Puisi Penerimaan Karya Chairil Anwar.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 1(2):136–45.

Kartikasari, Apri, Edi Suprapto. 2018. Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: Ae Media Grafika.

Muldawati, Angga Saputra, Dodi Firmansyah. 2021. “Analisis Semantik Pada Puisi ‘Mata Air’ Karya Herman FR.” Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra Indonesia 10(3):279–91.

Pratiwi, Desih, Dewi Purnamasari, Fauziah Nurul Fatimah, Latifah. 2018. “Analisis Semantik Pada Puisi ‘Cintaku Jauh Di Pulau’ Karya Chairil Anwar.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1(2):183–94.

Saifullah, Aceng Ruhendi. 2018. Semantik Dan Dinamika Pergulatan Makna. Jakarta: Bumi Aksara.

Santosa, Puji. 2015. Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan, Dan Penerapan. Yogyakarta: Azzagrafika.

Suhardi. 2015. Dasar-Dasar Ilmu Semantik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zuhdy, Halimi, M. Anwar Masadi. 2015. “Analisis Form Puisi-Puisi Nizar Qabbbani Dalam Antologi Puisi 100 Risalah Hub.” Jurnal Lingua 10(2):65–73.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v18i2.5895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->