TANGGAPAN PENGUSAHA “AYAM DAN BEBEK GANJA” TERHADAP IMBAUAN PENAMAAN PRODUK MAKANAN

Pandu Pratama Putra

Abstract


Makanan di era modern saat ini semakin berkembang dan bervariasi. Variasi makanan menciptakan kreasi makanan beserta dengan nama-nama yang unik. Salah satu makanan dengan nama unik hadir pertama kali di Samarinda, yaitu Ayam dan Bebek Ganja. Makanan ini menjadi viral di masyarakat karena rasanya yang enak walaupun penamaannya menciptakan perdebatan. Surat imbauan Pemerintah Kota Samarinda terhadap penamaan makanan ini lantas menciptakan kreativitas pengusaha untuk mengubah nama makanan tersebut dengan nama lain. Pengubahan ini menciptakan fenomena kebahasaan yang layak untuk diketahui. Penelitian ini akan melihat perubahan kata dengan teori perubahan kata yang dimiliki oleh ilmu fonologi. Perubahan akan ditinjau dari bentuk zeroisasi, anaptiksis, perubahan fonem, dan perubahan simbol. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menelaah data perubahan nama. Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan hasil dari upaya pengubahan kata ganja menjadi kata lain dan melihat apakah perubahan kata tersebut menghasilkan makna yang menjauh dari makna ganja secara leksikal.

Full Text:

PDF

References


Atmoko, Kukuh Adi. 2018. “Gejala Bahasa dalam Pembentukan Kata pada Bahasa Gaul Grup Chat Line Remaja Perumahan Kartika Wanasari Indah Cibitung Bekasi”. Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Purwokerto.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2012. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. [PDF]

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Etam. (2022, Juli 21). “Nama Kuliner Ayam Ganja Resmi Dilarang Pemilik Resep Pertama: Dulu Ayam Sambal Mangga”. Etam News. https://etamnews.com/2022/07/21/nama-kuliner-ayam-ganja-resmi-dilarang-pemilik-resep-pertama-dulu-ayam-sambal-mangga/

Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi: Untuk ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Hendarto, Yohanes Mega. (2023, Maret 23). “Daging Sapi Terancam Hanya Dinikmati Kelas Atas”. Kompas.id. https://www.kompas.id/baca/riset/2023/03/22/daging-sapi-terancam-hanya-dinikmati-kelas-atas

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Majelis Ulama Indonesia. 2003. Standarisasi Fatwa Halal, MUI Nomor 4 Tahun 2003. [PDF].

Muslich, Masnur. 2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Jakarta: PT BUmi Aksara.

_____________. 2015. Fonologi Bahasa Indonesia: Tinjauan Deskriptif Sistem Bunyi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pateda, Mansoer. 2015. Linguistik Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa.

Rukmorini, Regina. (2023, April 19). “Volume Pembelian Ayam Meningkat”. Kompas.id. https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/04/19/volume-pembelian-ayam-meningkat

Sekretariat Daerah Kota Samarinda. 2022. Himbauan Sekretariat Daerah Kota Samarinda Nomor 44351/2215/100.17. [PDF].

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahan Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma Unversity Press.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v18i2.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->