PERBANDINGAN KARAKTER KEISLAMAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DI BAWAH LINDUNGAN KABAH KARYA HAMKA DAN NOVEL ATHEIS KARYA AKHDIAT KARTA MIHARDJA

Titih Nursugiharti, Agus Yulianto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: a. untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam  berdasarkan karakter tokoh utama dalam novel Di Bawah Lindungan Kabah dan novel Atheis; b. untuk mengetahui latar belakang yang menyebabkan kedua tokoh mengalami akhir hidup yang berbeda. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perbandingan karakter kedua tokoh dari segi pemahaman dan pengamalan ajaran Islam yang menyebabkan akhir kehidupan mereka berbeda dan apa sebab-sebab yang melatarbelakangi sehingga kedua tokoh tersebut mengalami akhir hidup yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif komparatif serta teknik studi pustaka. Berdasarkan hasil analisis, dapat diketahui bahwa kedua tokoh utama dari tiap-tiap novel memiliki karakter yang berbeda. Perbedaan tersebut antara lain: a. tokoh Hamid memiliki sikap yang istikamah sedangkan Hasan tidak istikamah; b. tokoh Hamid memiliki karakter yang dapat menahan hawa nafsu sedangkan tokoh Hasan cenderung memperturutkan hawa nafsu; c. tokoh Hamid sangat berbakti kepada orang tuanya sedangkan tokoh Hasan berani melawan orang tua; d. tokoh Hamid berislam berbasis berpikir sedangkan tokoh Hasan dalam berislam kurang memakai akal pikirannya.

 

Kata kunci: Karakter, keislaman, perbandingan, novel


Keywords


Karakter, keislaman, perbandingan, novel

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abrams, M. H. (1981). The Mirror an`d the Lamp: Romantic Theory and the Critical Tradition. Oxford University Press.

Barthes, R. (1977). Image, Musix, Text. Hill and Wang.

Endraswara, S. (2014). Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. Bukupop.

Hutcheon, L. (1992). A Poetics of Postmodernisme. Routletge.

Inarti, S. (2013). "Analisis Intertekstual Puisi Dongeng Sebelum Tidur Karya Gunawan Muhammad". Metasastra, volume 6.

Karim, T. D. R. (2018). "Perbandingan karakter Tokoh Utama pada Novel Atan (Budak Pulau) Karya Ary Sastra dan Film Laskar anak Pulau Produksi Komunitas Anak Pulau". Genta Bahtera, 1, 91--100.

Kristeva, J. (1980). Desire in Languange: a Semiotic Approach to Literature and Art. Columbia University Press.

Kurnia, S. (1996). Sastra Bandingan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Malik Abdul Karim, N. D. H. (2021). "Hubungan antara Sampul dan Isi Novel Raumanen: Kajian Sastra Bandingan". Undas, 17, 20--30.

Mudaksir, Juanda, dan M. (2021). "Perbadingan Pemikiran Tokoh dalam Novel Dahlan dan Novel Penakluk Badai serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra Berbasis Karakter di SMA". Kependidikan, vol. 7 no.3, 631--640.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada University Press.

Penyusun, T. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Ratna, N. K. (2013). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Pustaka Pelajar.

Sarman. (2011). Tokoh Legendaris dalam sastra Lisan Sulawesi Tengah. Multilingual, volume 1.

Semi, M. A. (2012). Metode penelitian sastra. Angkasa Jaya.

Sudjiman, P. (1991). Memahami Cerita Rekaan. Pustaka Jaya.

Todorov, T. (1984). Mikhail Bakhtin the Dialogical Principle. Manchester university Press.

Widy Emand Juniato, Abdul Malik, A. W. (2021). "Perbandingan Karakter Tokoh Utama antara Novel Pergi Karya Tere Liye dan Novel Arah Langkah Karya Fiersa Besari dan Implementasi dalam Pembelajaran Sastra”. Studen Online Journal, 1, 171--183.

Yulianto, Agus. (2016). Legenda Telaga Bidadari dan Legenda Jaka Tarub Sebuah Kajian Struktural Sastra Bandingan. Jurna;l Undas Vol 16 no 2, hal 79--90




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v19i1.7186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->