GENRE TULIS PEMBELAJAR SEKOLAH DASAR DALAM SISTEM PERSEKOLAHAN INDONESIA DI SUMATRA UTARA

Amrin Saragih, Isli Iriani Pane, Anggraini Thesisia Saragih

Abstract


Ketika menulis sesuatu (karya), pembelajar terlibat dalam kegiatan menghasilkan genre. Akan tetapi, menulis genre dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing merupakan keterampilan berbahasa yang sangat sukar bagi pembelajar Indonesia untuk mencapainya. Keterampilan menulis dikembangkan secara bersahaja ketika anak memasuki sistem pendidikan formal, yang berbeda dengan keterampilan berbicara yang dapat diperoleh anak secara alamiah. Dengan demikian, kesukaran menulis yang dialami oleh pembelajar SD di Sumatra Utara diasumsikan diakibatkan oleh pengaruh konteks sosial persekolahan, masyarakat atau kedua-duanya. Makalah ini menampilkan hasil kajian tentang genre tulis yang terkembang dan potensial berkembang pada pembelajar SD. Selanjutnya, dibahas konteks sosial persekolahan dan masyarakat yang menghambat pengembangan menulis genre itu dengan sumber data (subjects) 352 pembelajar SD (kelas IV sampai VI) di enam sekolah di Sumatra Utara dan dengan penggunaan desain penelitian kualitatif. Temuan penelitian adalah pembelajar SD telah kompeten menulis sejumlah genre tetapi masih banyak genre yang terpendam. Hambatan dalam pembelajaran genre adalah kompetensi guru yang terbatas dalam genre itu. Selanjutnya, dengan rujukan ke kompetensi genre yang terkembang di kalangan pembelajar SD dan konteks sosial persekolahan, ancangan model pembelajaran genre diajukan.

Kata kunci: pengembangan, genre, tulis, SD


Full Text:

PDF

References


Christie, F. dan J. R. Martin 2007. Knowledge Structure: Functional linguistic and Sociological Perspectives. London: Continuum. Kress, G. 1993. Genre as Social Process. Dalam Cope, B and M. Kalanzis (eds) The Power of Literacy: A Genre Approach to Teaching Wriring. London: The Falmer Press

Doughty, C. J. 2006. Instructed SLA: Constraints, Compensation and Enhancement. Dalam Doughty, C. J and M. H. Long (eds) The Handbook of Second Language Acquisition. London: Blackwell pp 256310.

Eggins, S. 2004. An Introduction to Systemic Functional Linguistics. New York: Continuum.

Feez, S. 1998. Text-Based Syllabus Design. Sydney: NCELTR Macquarie University.

Gerot, L. and P. Wignell. 1994. Making Sense of Functional Grammar. Sydney: Gerd Stabler.

Halliday, M. A. K. 2002. Linguistic Function and Literary Styly: an Inquiry into the Language of William Goldings The Inheritors. Dalam Webster, J. J (ed.) Linguistic Studies of Text and Discourse. London: Continuum.

Halliday, M. A. K. 2003. Towards a Language-Based Theory of Learning. Dalam Webster, J. J (ed.) The Language of Early Childhood. London: Continuum, 327--352.

Halliday, M. A. K. 2004. An Introduction to Functional Grammar. London: Edward Arnold.

Halliday, M. A. K. 2005. On Grammar and Grammatics. Dalam Webster, J. J (ed.) On Grammar. London: Continuum, 384417.

Halliday, M. A. K. Dan C. M. I. M. 2001. Construing Experience through Meaning: a Language-based Approach to Cognition. London: Continuum.

Iedema, R. 2011. The history of the accident news story. Australian Review of Applied Linguuistics 20(2), 95115.

Kress, G. 1993. Genre as Social Process. Dalam Cope, B and M. Kalanzis (eds) The Power of Literacy: A Genre Approach to Teaching Wriring. London: The Falmer Press.

Martin, J. R dan D. Rose 2012. Genres and Texts: living in the real woorld. Indonesian Journal of Systemic Functional Linguistics. I, 1. 121.

Martin, J. R. 1992. English Text: System and Structure. Amsterdam: John Benjamins

Martin, J. R. 1997. Analysing Genre: Functional Parameters. Dalam Christie and J. R Martin (eds) Genre and Institutions: Social Processes in the Workplace and School. London: Cassell.

Martin, J. R. 2010. Semantic variation modelling system, text and affiliation in social semiosis. Dalam Bednaarek, M. dan J. R. Martin (eds) New Discourse on Language: Funtional Perspectives on Modality, Identity and Affiliation. London: Continuum, 134.

Martin, J. R. dan D. Rose 2008. Working with Discourse: Meaning beyond the Clause. London: Continuum.

Martin, J. R. dan D. Rose 2012. Genres and texts: living in the real world. Indonesia Journal of Systemic Functional Linguistics. 1 (1), pp 121




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v11i1.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.