KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SRI RINJANI KARYA EVA NOURMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan 1) latar belakang sosial budaya pengarang; 2) latar sosial budayadalam novel Sri Rinjani; 3) nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sri Rinjani karya Eva Nourma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (contentanalysis). Hasil penelitian adalah 1) Secara sosio-historis pengarang, karya Eva Nourma bernuansa kearifan lokal bahkan multikultural dengan menjadikan suku Sasak sebagai ikon penciptaannya; 2) latar sosial budayadalam novel Sri Rinjanimeliputi pekerjaan sebagai petani, nelayan, buruh kasar, pemecah batu, dan pengembala. Tingkat pendidikan dan taraf hidup masyarakat Sasak di pedesaan masih rendah. Masyarakat Sasak mayoritas beragama Islam. Budaya dan kebiasaan di antaranya tidak memiliki keinginan maju, menjadi tenaga kerja ke luar negeri, dan pasrah dengan keadaan. kesejahteraan masyarakat Sasak masih tergolong rendah; 3) Nilai pendidikan pada novel Sri Rinjani adalah agama/religius meliputi; pelaksanakan sholat. Nilai sosial meliputi; sikap kepedulian terhadap masyarakat lemah, sikap tolong menolong, dan sikap tanggungjawab. Karakter meliputi; religius, kerja keras, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adat/budaya meliputi; kebiasaan masyarakat dalam tradisi Bau Nyaleyang mencerminkan perdamaian dan kepedulian terhadap budaya sendiri serta membangun Berugak sebagai tempat menjamu tamu dan bercengkerama dengan keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrams, M.H. 1971. A Glossary of Literary Term. New York: Holt, Rinehart and Wiston
Akbar, S. 2013. Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1, 54-68
Davonar, A. 2008. Surat Kecil Untuk Tuhan. Yogyakarta: Inandra Published
El Shirazy, H. 2004. Ayat Ayat Cinta. Jakarta: Republika-Basmala
____________ 2005. Pudarnya Pesona Cleopatra. Jakarta: Republika
Faris, S. 2012. Guru Dane. Selong: STKIP Hamznwadi Press
Faruk. 2015. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Herlina. 2013. Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia (Kajian Sosiologi Sastra, Resepsi Pembaca, dan Nilai Pendidikan). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 1, 85-96
Hirata, A. 2008. Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bintang Pustaka
Isnaniah, S. 2013. The Representation of Islamic Teaching in The Novels by Habiburrahman El Shirazy (The Study of Literaty Sociology and Education Values). Jurnal of Education and Practice. 4, 13
__________. 2013. Refresentasi Ajaran Islam dalam Novel-Novel Karya Habiburrahman El Shirazy (Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai-Nilai Pendidikan). Yogyakarta: IDEA Press
Moleong, L. J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Bandung
_____________. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Bandung
Nourma, E. 2011. Sri Rinjani. Pancor: STKIP Hamzanwadi Press
Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
______________. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Pradopo, R. D. 1997. Prinsip-Prinsip Kritik Sastra (Teori dan Penerapannya). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Purwaningstyastuti, R. 2014. Nove-novel karya pengarang perempuan indonesia tahun 2000-an (kajian sosiologi sastra, perspektif gender, dan nilai pendidikan). Universitas Sebelas Maret Surakarta
Ratna, N.K. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Shabab, A. Bioflia dan Nekrofilia: Analisis sosiologi Sastra Novel La Bete Humaine Karya Emile Zola. Kawisastra. 1, 1-102
Stanton, R. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Waluyo, J.H. 1990. Drama Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.
___________.2002. Pengkajian Sastra Rekaan. Salatiga: Widya Sari Press.
____________. 2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: UNS Press.
Widyahening, E. Ch. & Wardhani, N.E. 2016. Literary Works and Character Education. International Journal of Language and Literature. 4 (1), 176-180
Wellek, R.& Warren, A. 2014. Teori Kesusastraan. Diterjemahkan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v15i2.1173
Refbacks
- There are currently no refbacks.