THE EFFECT of ROLE-PLAY METHOD IN ENGLISH SPEAKING SKILL of M.Ts. MUHAMMADIYAH No.1 MEDAN STUDENTS on GRADE VIII IN YEAR ACADEMIC 2016/2017

Akmal nfm

Abstract


Penelitian ini difokuskan terhadap keahlian berbicara para siswa M.Ts. Muhammadiyah kelas delapan karena penulis melihat bahwa kemampuan berbicara mereka masih terlalu rendah. role-play adalah sebuah kegiatan dalam kelas yang memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempraktekan bahasa tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian experimental yang memerlukan tes awal dan tes akhir untuk mengetahui perkembangan mereka dalam berbicara. Dalam experimental, ada kelas control (kelas biasa) dan kelas experimental. Penulis harus membuat perlakuan (treatment) untuk kelas experimental sehingga dapat dilihat perkembangannya setelah melakukan perlakuan (treatment) sebelum mengambil tes akhir (post-test). Dalam penemuan data, penulis telah mendapatkan nilai tes awal dari kelas control dan kelas experimental; nilai rata-rata kelas kontrol adalah 60 dan kelas experimental adalah 63,47. Nilai rata-rata tes akhir; kelas control 65,21 dan kelas experimental 81, 73. Dalam tes awal, nilai terendah baik kelas control maupun kelas experimental adalah 50 dan nilai paling tinggi adalah 80. Dalam tes akhir, nilai paling rendah adalah masih 50 dan paling tinggi adalah 80, tapi dalam kelas experimental, nilai paling rendah adalah 70 dan nlai paling tinggi adalah 90. Nilai dari t-test adalah 5,41 dan itu artinya bahwa 5,41 lebih besar dari 2,66. Akhirnya, tes tersebut lebih tinggi daripada t-table untuk kedua tingkat pengaruhnya. (5.41>2.00 and 5.41>2.66).


Keywords


kemampuan berbicara, role-play, kelas kontrol, kelas experimental, perlakuan (treatment)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 2006

Budden, J. Role-Play. UK, London: BBC. 2006

Harmer. J. The Practice of English Language Teaching ( 3rd edition). London: Longman. 2001

_______. The Practice of English Language Teaching. Third Edition. London: Oxford Illustrators Ltd. 2003

_______. The Practice of English Language Teaching. Sixth Edition. London: Oxford Illustrators Ltd. 2012

Richard, J C. Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University Press. 2006.

Kayi, H. Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in a Second Language. Nevada: University of Nevada. Internet TESL Journal, Vol. XII, No11. November 2006.

Richard, J C.. Internet. http://www.Professioackrihard.com//Developing Classroom, accessed on April 20, 2016.

Natasa Intihar Klancar, Developing Speaking Skills in the Young Learners Classroom, Internet TESL Journal, Vol. XII, No. 18, accessed on March 2016. http://iteslj.org/Techniques/Klancar-Speaking Skills.html. p. 1

Nickerson, Stephanie Internet. http://www.Professioackrihard.com//Essay on The Teaching. Essays on Teaching Excellence, Volume 19, Number 05, 2007, accessed on March 2016.




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v15i2.1181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.