PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS Vll SMP NEGERI 1 PAGARALAM

Henny NOPRIANI

Abstract


Abstrak

The research aims to describe the result of needing, development, evaluation of validation, and describes the potential effects of teaching materials of writing poetry of seventh graders of SMP N 1 Pagarlam. The research was developmentt research. Validation conducted of realibility of the materials, presentation, linguistic, and chart using 5. The research subject were seventh graders of expert validation, the teaching materials of writing poetry can be categorized validity for use. The result of writing poetry test of heroism showed increasing from 59.09 to 80.95. and 21 difference while, the result of writing poetry test of friensdship showed increasing from 56.68 to 76.54 and 19.86 difference. This, teaching material of writing poetry the development outcome of researcher can improve student’s understanding of writing poetry.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kebutuhan, pengembangan, evaluasi dari validasi, dan mendeskripsikan  efek potensial bahan ajar menulis puisi siswa kelas Vll SMP Negeri 1 Pagaralam. Penelitian menggunakan penelitian pengembangan.Validasi dilakukan terhadap kelayakan materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan menggunakan angket skala 5. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagaralam yang berjumlah 22 siswa. Berdasarkan analisis validasi ahli, bahan ajar menulis puisi dapat dikategorikan layak untuk digunakan. Hasil tes menulis puisi kepahlawanan memperlihatkan peningkatan dari 59,09 menjadi 80,95, dan selisih 21. Sementara hasil tes menulis puisi sahabat menunjukkan peningkatan dari 56,68 menjadi 76,54, dan selisih 19,86. Dengan demikian, bahan ajar  menulis puisi  hasil pengembangan peneliti dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap menulis puisi.


Keywords


Pengembangan, bahan ajar, menulis puisi

Full Text:

PDF

References


Harijanto, M. (2007). Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar. 2(1), 216–226.

Maulana, S. F. (2011). Apresiasi dan roses Kreatif Menulis Puis. Bandung: Nuasa.

Muslich, M. (2010). No TitleText Book Writing. Yogyakarta: Er-Ruzz Media.

Nunan, D. (1992). The Learner-Centered Curriculum: A Study In Second. Amarica: Cambridge University Press.

Nurhayati. (2012). Silabus: Teori dan Aplikasi Pengembangannya. Yogyakarta: Leutika Prio.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan, D. (2007). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sofyan, Wiryotinoyo, M., & Sudaryono. (2011). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi. Tekno-Pedagogi, 1(1), 25–32.

Sugiyono. (2012). Kualitatif dan R & D; Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaddad, A. (2012). Strategi Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi. Depok: Indie Publishing.

Tomlison, B. (1998). Materials Development In Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Wardisi, E. (2011). Pengetahuan Tentang Puisi. Bandung: PT. Sarana Ilmu Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v17i1.1553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.