KEMAHIRAN BERBAHASA MELALUI PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BAGI PESERTA DIDIK TINGKAT DASAR

sahril sahril

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya meningkatkan kemahiran berbahasa
Indonesia bagi peserta didik tingkat sekolah dasar. Salah satu sarana untuk meningkatkan
kemahiran berbahasa itu adalah melalui pembelajaran apresiasi sastra. Penelitian ini
dilakukan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara pembelajaran apresiasi sastra
dengan kemahiran berbahasa peserta didik tingkat SD. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Dengan jumlah responden 60
peserta didik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) angket
berupa pemahaman bahasa melalui apresiasi sastra, dan (2) langsung terlibat dalam
proses pembelajaran di kelas. Dari hasil analisis data tentang korelasi antara kemahiran
berbahasa dengan kegiatan apresiasi sastra dengan menggunakan rumus koefisien
korelasi berganda (multiple corelation). Hipotesis awal menunjukkan bahwa semakin baik
tingkat apresiasi sastra peserta didik, maka semakin tinggi kemahiran berbahasa
Indonesia.


Keywords


Kemahiran berbahasa – apresiasi sastra

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. (2013). Pengantar Apresiasi karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Andayani. (2004). “Pendekatan Abrams dalam Pengajaran Sastra”. Materi Kuliah Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surakarta: UNS.

Arikunto, Suharsimi. (1992). ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Bima Aksara.

B.Rahmanto. (1989). Metode pengajaran sastra. Yogyakarta: Kanisius. Brown, H.D. 1980. Principles of Languge Learning and Teaching. New Jersey: Prentice Hall. Inc.

Huck, Charlotte. dkk. (1987). Children Literature in Elementary School. Chicago: Rand Mc Nally College Publishing Company.

Jabrohim (Ed). (1994). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Jamaluddin. (2003). Problematika pembelajaran bahasa dan sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Mujiyanto, Yant. (2004). Materi Kuliah Sejarah Sastra. Surakarta: UNS.

Rahmanto, B. (1988). Metodologi Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Saddhono, Kundharu & Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Sayuti, Suminto A. (2002). Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media. Somadayo, Samsu. (2011). Strategi danTeknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syarfina, T dan Sahril. (2015). Pedoman dan Acuan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah: Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar. Medan: Penerbit Mitra.

Tarigan, Henry Guntur. (2015). Prinsipprinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. (2002). Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zaidan, Rozak. (2001). Pedoman Penyuluhan Apresiasi Sastra. Jakarta: Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v16i2.2284

DOI (PDF): https://doi.org/10.26499/mm.v16i2.2284.g1127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.