WACANA BAHASA TULIS DAN HEADLINE ISI BERITA UTAMA DI HARIAN WASPADA
Abstract
Bahasa tulis dalam berita utama pada media cetak surat kabar menjadi suatu daya tarik bagi pembaca dan kini sudah dapat dilihat melalui online dengan kecanggihan teknologi. Dalam bahasa tulis headline memiliki wacana bahasa dan analisis isi terhadap pembaca. Pasalnya, berita utama merupakan berita yang mendapatkan perhatian lebih dari redaksi sebuah media, sehingga menjadi prioritas dan diletakkan di halaman utama serta mendapatkan tempat khusus karena berada di tengah dan memiliki space yang besar. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemahaman tentang wacana bahasa tulis dan komunikasi dalam pemberitaan di media cetak. Objek penelitian yang dilakukan adalah koran harian lokal di Sumatera Utara dan Aceh, Harian Waspada sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode wacana bahasa dan analisis isi secara kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data berdasarkan kategorisasi tema-tema berita utama yang telah ditentukan dan dianalisis datanya dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan Harian Waspada memuat beberapa tema-tema berita seputar Covid-19 sebagai berita utama yaitu politik, ekonomi, kesehatan, dan luar negeri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assegaff, D, (1991). Jurnalistik Massa Kini. Jakarta: Ghalia Indonesia
Djunaedy, K, (1990). Ensiklopedia Pers Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Effendy, O.U., (1995). Ilmu Komunikasi Dalam Teor dan Praktik. Bandung: Rosda Karya.
Farida dan Sari., (2015), Media Tradisional Vs Media Online (Komunikasi Dengan Keunikan Identitas). AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Vol. 3, No.1 Juni 2015
Zaenuddin, H.M., (2007), The Journalist: Edisi Pertama. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Sally, J., and Tommaso M.M. (Eds), (2010), Language Ideologies and Media Discourse Texts, Practices, Politics Contiinum. London and NewYork
Jubei, S., (2018), Patologi Bahasa Pada Judul Berita Surat Kabar Warta Kota. DEIKSIS p-ISSN: 2085-2274, e-ISSN 2502-227X Vol. 10 No.02, Mei-Agustus 2018.
Husnul, K. (2018), Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasâmuh Volume 16, No. 1, Desember 2018
Eka, (2017), Karakteristik Bahasa Jurnalistik Dalam Artikel Surat Kabar Priangan Jurnal Diksatrasia Volume 1 | Nomor 1 | April 2017.
Rahmat, J., (2007), Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Yeni, R.I. (2016). Analisis Teks Dan Konteks Pada Kolom Opini “Latihan Bersama Al Komodo 2014” Kompas. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.5 Januari 2016.
Rahman, P.A., (2013), Media Cetak Sebagai Media Dakwah Kontemporer. Jurnal PILAR, Vol. 2, No. 2, Juli-Des’, 2013
Samsudin, D., (2015), Peran Media Dalam Pemasyarakatan Istilah Bahasa Indonesia. Metalingua, 13(2),:151—159
Sucahya, M (2013). Teknologi Komunikasi dan Media. Jurnal Komunikasi, 2(1): 6 - 21
Dini, V. (2016), Saluran Komunikasi Massa Sebagai Penyampai Pesan Pembangunan Bagi Masyarakat. Wahana, Vol. 1, No. 10, Ganjil, Tahun Akademik 2015/2016
Weatherall, A., Bernadette, M.W., & Gallois, C.,. (Eds), (2007), Language, Discourse And Social Psychology. New York: Palgrave Mcmillan..
UU No. 24 Tahun 2009 Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, Serta Lagu Kebangsaan Jakarta Indonesia
UUD 1945 Republik Indonesia Jakarta Indonesia
DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2771
Refbacks
- There are currently no refbacks.