PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA SMK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andyani, N., Saddhono, K., & Mujyanto, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Basastra: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 4(2), 161–174.
Ansoriyah, S., & Rahmat, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Populer Mahasiswa Melalui Pendekatan Whole Language dengan Pembuatan Media Story Board. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 29–46. https://doi.org/10.21009/aksis.020103
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Rajawali Press.
Damayanti, W. (2022). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pembahas: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 1(2), 141–150.
Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM, VII(1), 91–96.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. PT. Raja Grafindo Persada.
Mardiyah. (2016). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Melalui Kemampuan Mengembangkan Struktur Paragraf. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–22.
Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Gaung Persada Press.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index
Restuti. (2013). Mandiri Bahasa Indonesia. Erlangga.
Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Berbicara bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25–37. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445
Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13(2), 194–205.
Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi : Sebuah Upaya Membangun Ketrampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam, 40(2), 110–117. https://scholar.google.co.id
Sari, E. P., Trianto, A., & Utomo, P. (2020). Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 292–302.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2019). Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Melalui Model Read, Answer, Disscuss, Explain, and Create. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 1–16.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Susilana, R. (2007). Media Pembelajaran. CV. Wacana Prima.
Susilo, J. (2017). Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi Kompleks Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Siswa SMK. Deiksis : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 76. https://doi.org/10.33603/deiksis.v4i2.501
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah, 11(1), 131–144.
DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v21i1.5247
Refbacks
- There are currently no refbacks.