Campur Kode Dialog Interaktif;Parlemen Berbicara

Martina Martina

Abstract


Campuran kode sering terjadi karena kemampuan seseorang menguasai bahasa lebih dari satu. Penguasaan lebih dari satu bahasa ini dalam sosiolinguistik disebut bilingual atau multibahasa. Penelitian ini difokuskan  bagaimana campur code dalam dialog interaktif; parlemen berbicara di Televisi Republik Indonesia Kalimantan Barat. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan campuran kode dalam dialog interaktif; parlemen berbicara di Televisi Republik Indonesia Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data dengan cara permohonan permintaan sorffile ke stasiun TVRI Kalimantan Barat dalam bentuk data lunak (sorffile) tahun 2017. Kemudian, data yang telah diperoleh ditranskripsikan dan diklasifikasikan sesuai dengan kebutuhan penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi campur kode dalam dialog interaktif; parlemen berbicara di Televisi Republik Indonesia Kalimantan Barat terdiri dari campur kode ke dalam dan ke luar. Campur kode  yang ditemukan meliputi bahasa Indonesia - Melayu dialek Pontianak, Indonesia-Melayu dialek Betawi, Indonesia - Inggris, dan Indonesia-Arab.

 

 

 

 


Keywords


campur kode, interaktif, dialog

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Kholiq, Abdul dkk. 2013. “Campur Code pada Naskah Pidato Presiden Republik Indonesia Bapak Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono”, dalam JPBSIOnline, Volume 1, Nomor 1, April 2013.

Kridalaksana, Harimurti. 2001. Kamus Linguistik Edisi Ketiga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Masitoh, Siti. 2013. “Campur code bahasa Indonesia ke dalam Bahasa Jawa pada Siaran Radio Jumpi Sayah di Radio SKB POP FM Gombong”, dalam Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jawa, Vol. 03/No. 01/ November 2013. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novianti, Evi dan Irmayani. 2016. “Menatapi Senyom Simpol; Campur Kode Bahasa Melayu Pontianak Ragam Tulis di Media Massa” dalam Tuah Talino Menggalang Makna dalam Karya, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Tahun X Volume 8 Edisi September 2016 ISSN 0216-079X. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Balai Bahasa Kalimantan Barat.

Nugroho, Galih Sarwo. 2013. “Alih Code dan Campur Code dalam Rapat di Kec. Karang Malang Kab. Sragen”. Skripsi 1 pada Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Soekanto, Soerjono. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsono. 2013. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yule, George. 2015. Kajian Bahasa Edisi Kelima. Yogyakarta: Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v16i2.967

DOI (PDF): https://doi.org/10.26499/mm.v16i2.967.g1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.