Analisis Unsur Utopia dalam Tiga Novel Jepang Kontemporer Karya Jiro Akigawa dalam Hubungannya dengan Konsep Uchi Dan Soto di Masyarakat Jepang

Nalti Novianti

Abstract


Konsep Utopia yang ada dalam tiga novel Jepang kontemporer karya Jiro Akagawa sangat menggambarkan keadaan masyarakat Jepang dewasa ini. Dalam konsep pergaulan yang sangat meninggikan masalah hierarki, dan ketatnya pergaulan antar persona di Jepang, Akagawa mengeluarkan semua kreativitasnya untuk keluar dari kenyataan tersebut. Novel Akagawa merupakan novel misteri yang mengusung masalah kemasyarakatan, terutama mengenai sifat ketertutupan masyarakat Jepang yang sangat dipengaruhi oleh konsep Uchi dan Soto. Konsep inilah yang membuat masyarakat Jepang membagi diri menjadi ”kelompok dalam” dan ”kelompok luar”. Konsep ini pula yang membuat mereka dianggap sebagai masyarakat tertutup yang tidak aktif membangun hubungan linear ke luar dirinya sendiri. Dalam gaya satire-nya Akagawa mengemukakan gagasannya dalam novel-novelnya untuk menyampaikan pesan pada pembacanya.


Keywords


Utopia, Konsep Soto dan Uchi, Satire.

Full Text:

PDF

References


Catharine. 2007. Analisis Pengaruh konsep Uchi-Soto Terhadap Penggunaan Bahasa dalam Korespondensi e – mail. Universitas Bina Nusantara: 2007.

Hirabayashi, Yoshisuke dan Mayuko Hama. 1992 . Gaikokujin no tame no nihongo reibunmondai shiriizu 10 keigo.Tokyo: Aratake Shuppan.

Kaneda, Ikkyoo .1996.Gakushuu no tameno kokugojiten.Tokyo: Shoogakkan.

Makino, Seiichi. 1996. Uchi to Soto no Gengo Bungaku-Bunpo wo Bunka de Kiru. Tokyo: Aruku

Moichi , Yuriko. 1999. Japanese Utopian Literature from the 1870s to the present and the influance of western utopianism”. http://www.accesmylibrary.com. diakses 1 September 2010.

Napier, Susan, J. 1996. The Fantastic in Modern Japan Literature: The Subversion of Modernity. New York , London: Routledge.

Purnama Sari, Lediah. 2008. Analisis konsep utopia dalam Novel Kappa karya Akutagawa Ryuunosuke. Jakarta : Universitas Bina Nusantara.

Sadazumi, Motegi. 2003. Shinsoosai. Kokugakuin. http://eos.kokugakuin.ac.jp/modules-/xwords/entry.php?entryID=1054 diakses 1 September 2010 .

Saronto, Budi. 2005. Gaya Manajemen Jepang. Jakarta: Hecca Publishing.

Sanderlin, George. 1950. The Meaning of Thomas More’Utopia. College English, 12,2,74-77. http://links.jstor.org/. diakses 1 September 2010.




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v5i1.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.