IKLAN TOKOBAGUS.COM: ANALISIS STRUKTUR WACANA MODEL VAN DIJK (Tokobagus.com Advertisement: Van Dijk Model of Discourse Structure Analysis)

Lusi Widia Ardianto, Syahrul Ramadhan

Abstract


Pada era milenial saat ini masyarakat membutuhkan suatu iklan baik melalui media elektronik maupun cetak. Salah satu iklan yang digandrungi masyarakat Indonesia adalah toko jasa jual beli online. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menelaah struktur iklan “tokobagus.com” menggunakan struktur model Van Dijk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Objek penelitian ini adalah iklan “tokobagus.com”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, superstruktur, yang terdiri atas struktur headline (kepala iklan), illustration (ilustrasi), body copy (isi iklan), dan signature line (logo). Kedua, struktur mikro, yang terdiri atas unsur verbal dan unsur nonverbal. Ketiga, struktur makro, yang terdapat unsur makna iklan dan pesan iklan. Struktur wacana iklan tokobagus.com telah menggunakan struktur wacana iklan yang lengkap, sehingga pembaca dapat menirunya untuk memasarkan produk atau jasa dan mampu menarik minat pembeli untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

(In the current millennial era, people need an advertisement either through electronic or printed media. One of the advertisement that is loved by the people of Indonesia is online buying and selling shop. The purpose of this study is to describe and examine the structure of the Tokobagus.com advertisements by using the Van Dijk model structure. The type of this research is qualitative research. The data analysis technique is done qualitatively. The object of this research is Tokobagus.com advertisement. The analysis results show three points. First, superstructure consists of the headline, illustration, body copy, and signature lines. Second, microstructure consists of verbal elements and nonverbal elements. Third, the macrostructure, there are elements of the meaning of  advertising and advertising messages. The discourse structure of the advertisement for Tokobagus.com store has used a complete structure of advertising discourse, so that it can emulate it to market a product or service and be able to attract buyers to buy the product or service offered.)

 
 

Keywords


iklan tokobagus.com; wacana; analisis struktur; tokobagus.com advertisement; discourse; structure analysis; Van Dijk

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Y. F. & Mahardika, R. Y. (2016). Analisis wacana kohesi dan koherensi pada wacana iklan politik dalam wacana pemilu 2014. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 19-24.

(DOI: 10.22460/p2m.v3i1p19-24.473)

Baryadi, I.P. (2002). Dasar-dasar analisis wacana dalam ilmu bahasa. Yogyakarta: Pustaka Gondho Suli.

Belajar arti wacana dan simbol. Diperoleh dari https://www.canva.com/id id/belajar/arti-warna-dan-simbol-dari-merk.

Dyer, G. (1982). Advertising as communication. London and New York: Routledge.(DOI:10.4324/9780203328132)

Eriyanto. (2001). Analisis wacana: pengantar analisis teks media. Yogyakarta: PT. LKIS Printing Cemerlang.

Fitriani, W.A.C. (2019). Analisis tindak tutur dalam wacana iklan radio. Jurnal Lingua Rima: Jurnal Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(1), 51-59.

Hartini, S. (2017). Analisis wacana pada meme gamers Mario Teguh di facebook. Jurnal Online Kinesik, 4(2), 111-126.

Imam, A. F. (2012). Analisis wacana Van Dijk pada lirik lagu irgaa tani (My heart will go on)". Journal of Arabic Learning and Teaching. LAA 1(1), 1-8.

Indiastini, T. (2016). Wacana iklan lowongan pekerjaan di harian Kedaulatan Rakyat. Prosiding. Seminar Hasil Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan., Yogyakarta: CV Azzagrafika.

Indrayana, A. (2014). Analisis wacana kritis komodifikasi budaya lokal pada iklan televisi: Studi kasus produk Frestea versi hiphop wedding. Jurnal DEKAVE, 7(2), 35-46.

(DOI: 10.24821/dkv.v7i2.1645)

Karman. (2014). Dominasi wacana anti-politik barat pada media-muslim revivalis: Analisis wacana model Teun Van Dijk Tabloid Media Umat edisi pemilu 2014. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 18(2), 229-245.

(DOI: 10.31445/jskm.2014.180208)

Lado, C. R. (2014). Analisis wacana kritis program Mata Najwa "Balada Perda" di Metro TV. Jurnal E-Komunikasi, 2(2), 1-12.

Leech, G. N. (1966). English in advertising: A linguistic study of andvertising in Great Britain. London and New York: Longman.

Mussafak. (2015). Analisis wacana iklan Makanan dan minuman pada televisi berdasarkan struktur dan fungsi bahasa. Kembara, Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 224-232.

Nirmala, V. (2015). Tindak tutur ilokusi pa da iklan komersial Sumatera Ekspres. Kandai 11(2), 139-150.

Nisa, F. (2016). Analisis wacana iklan radio Gema FM Banjarmasin. Jurnal Vidya Karya, 31(1), 37-44.

(DOI: 10.20527/jvk.v31i1.3972)

Payuyasa, I. Y. (2017). Analisis wacana kritis model Van Dijk dalam program acara Mata Najwa di Metro TV. Segara Widya Jurnal Hasil Penelitian. Vol. 5, 14-24.

Setianto, W. A. (2015). Wacana dan representasi ideologi iklan politik di awal reformasi. Jurnal Iptek-Com, 17(2), 99-112.

Setiyono, J. & Sutrimah. (2016). Analisis teks dan konteks pada iklan operator seluler (XL dengan kartu AS). Jurnal Pedagogia, 5(2), 297-310.

(DOI: 10.21070/pedagogia.v5i2.263)

Suciartini, N. N. A. (2017). Analisis wacana kritis "semua karena Ahok" program Mata Najwa Metro TV. Jurnal Aksara, 29(2), 267-282.

(DOI: 10.29255/aksara.v29i2.54.267-282)

Sulastri, H. (2017). Telaah wacana iklan penjualan rumah dalam media massa cetak. Jurnal Pujangga, 3(1), 22-36.

Tenggono, C. M. & Sulistyarini, D. (2016). Analisis semiotika pesan moral dalam iklan rokok Sampoerna a mild "go ahead" di media televisi. Prosiding. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi 2016, 390-396.

Wicaksono, A. (2019). Analisis wacana kritis iklan operator seluler (teks dan konteks iklan XL dengan kartu AS). Jurnal Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-14.

Yin, R. K. (2005). Studi kasus: desain dan metode, penerjemah Mudzakir, M.D. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v15i1.1003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->