ANALISIS WACANA KRITIS MODEL FAIRCLOUGH DAN WODAK PADA PIDATO PRABOWO (Critical Discourse Analysis of Fairclough’ and Wodak’s Model Within Prabowo’s Speech)

Erna Megawati

Abstract


Banyak masyarakat ketika membaca berita di media tidak menggunakan kerangka berpikir kritis sehingga apa yang dibaca langsung saja diyakini atau dipercayai tanpa mempertanyakan kebenaran berita tersebut atau apa kepentingan di balik berita itu. Hal inilah yang menimbulkan pergolakan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis wacana meggunakan pendekatan kritis yaitu AWK model Fairclough dan model pendekatan sejarah Wodak. Metodologi penelitian ini berupa kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan cara pencatatan kemudian dianalisis dengan model AWK Fairclough dan model Wodak. Sumber data diambil dari pidato Prabowo pada berita Tempo pada tanggal 14 Mei 2019 dan 12 April 2014. Unit analisis kajian ini berupa kosa kata dan struktur tata bahasa. Temuan penelitian menunjukkan representasi, relasi dan identitas yang ada di dalam wacana pidato serta adanya hubungan sejarah dari wacana pidato tersebut.

Most people do not think critically when they read news in a media so that they tend to directly believe it without questioning the truth or what interest may lay beyond it. This is what causes upheal in society.  The goal of this research is to analyze discourses using critical approach such as CDA model Fairclough and DHA Wodak. The methodology of research was descriptive qualitative. Data is collected using noting technique an analyzed by CDA model Fairclough and DHA Wodak. the source data was taken from Prabowo’s speeches at 14 Mei 2019 and 12 April 2014. The unit being analyzed was vocavuaries and grammar. The findings show representation, relation, and identity within the speeches and the historical relation among those speeches.



Keywords


AWK Fairchlough; AWK Wodak; Pidato; CDA Fairchlough; DHA Wodak; Speech

Full Text:

PDF

References


Arum, R. (2018). Efektivitas learning cycle 5e berkonteks ssi dalam meningkatkan pengetahuan epistemik dan keterampilan argumentasi siswa pada materi larutan elektrolit dan reaksi redoks sma. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM. Retrieved from http://research.kalbis.ac.id/Research/Files/Article/Full/LCSCVZI11HG7VORWMAFRW7GH3.pdf

Bailussy, W., & Simabur, L. A. (2019). Fenomena berita hoax group whatshapp ummu discussion menjelang pilpres 2019. Jurnal Akrab Juara, 4(1), 188–195. Retrieved from http://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/download/518/431

Edon, Y. (2019). Ekonomi politik media dalam pemberitaan kasus korupsi. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(2), 71–79. Retrieved from http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/441/323

Ekopriyono, A. (2018). Pendekatan kritis menangkal hoax. Iptek Journal of Proceedings Series, (5), 290–297. Retrieved from http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/viewFile/4448/3186

Eriyanto. (2001). Analisis wacana: pengantar analisis teks media. LKiS Yogyakarta.

Fairclough, N. (1996). Language and power discourse.

Firdauzy, R. A. (2012). Penerimaan pembaca perempuan terhadap peranan gender laki-laki dalam kolom hot papa pada rubrik jawa pos for her. Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/15309/8/15309.compressed.pdf

Frey, N. (2011). Improving adolescent literacy: Content area strategies at work. Pearson Higher Ed.

Hall, S. (1991). Culture, media, language: working papers in cultural studies, 1972-79 (cultural studies birmingham). Retrieved from http://book4you.org/book/1002249/05cb9c

Jalal, M. (2007). Praktik diskursif the theory of truth Michel Foucault dalam konstruksi simbolisasi bahasa di indonesia. Journal Universitas Airlangga. Retrieved from http://journal.unair.ac.id/ filerPDF/Praktik Diskursif.pdf

Pastore, S., & Andrade, H. L. (2019). Teacher assessment literacy: A three-dimensional model. Teaching and Teacher Education, 84, 128–138. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.05.003

Richardson, J. E. (2017). British fascism: a discourse-historical analysis. British fascism. ibidem-Verlag Stuttgart. https://doi.org/10.4324/ 9781315674384

Sutrianto, S., Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah menengah atas. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan …. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/55/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SMA.pdf.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v17i1.1551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->