TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA IKLAN KOMERSIAL SUMATERA EKSPRES

Vita Nirmala

Abstract


Penelitian ini menganalisis tindak tutur ilokusi iklan surat kabar Sumatera Ekspres. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi iklan komersial pada surat kabar Sumatera Ekspres. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Data dalam penelitian ini bersumber dari 40 iklan komersial yang terdapat dalam surat kabar Sumatera Ekspres selama bulan Januari—Juni 2013. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pilah unsur penentu dan teknik pragmatis pada metode padan. Hasil penelitian menunjukkan  tindak tutur ilokusi yang digunakan pembuat iklan pada surat kabar Sumatera Ekspres periode Januari—Juni 2013, yakni tindak tutur ilokusi asertif, direktif, dan komisif.

Keywords


iklan, tindak tutur ilokusi, asertif, direktif, komisif

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2010). Bahasa jurnalistik. Jakarta: RinekaCipta. Christina, Bratt P., & Tucker, G. R. (2003). Sociolinguistics. USA: Blackwell Publishing. Harahap, N. (2008). Analisis pragmatik wacana iklan surat kabar. USU e-Repository.

Kotler, P. (1990). Manajemen pemasaran, analisis, perencanaan dan pengendalian. Jakarta: Erlangga. Kridalaksana, H. (2008). Kamus linguistik (Edisi Empat). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Leech, G. (1993). Prinsip-prinsip pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia. Liliweri, A. (1992). Dasar-dasar komunikasi periklanan. Bandung: Penerbit Citra Aditya Bakti. Madjadikara, A. S. (2005). Bagaimana biro iklan memproduksi iklan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Nadar, F. X. (2009). Pragmatik dan penelitian pragmatik. Jogyakarta: Graha Ilmu. Oktavianus. (2006). Analisis wacana lintas bahasa. Yogyakarta: Andalas University Press. Rahardi, K. (2009). Sosiopragmatik. Jakarta: Penerbit Erlangga. Rani, Abdul, dkk. (2004). Analisis wacana. Malang: Banyumedia Publishing. Sevilla, C.G. et al. (1993). Pengantar metode penelitian. Jakarta: UI Press. Sudaryanto. (1993). Metode dan aneka teknik analisis bahasa. Jogyakarta: Duta Wacana University Press. Widyatama, R. (2007). Pengantar periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher. Yule, G. (1996). Pragmatics. New York: Oxford Univeristy Press Zamzami. (2007). Kajian sosiopragmatik. Yogyakarta: Cipta Pustaka




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v11i2.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->