PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MAHASISWA PBSI IKIP PGRI SEMARANG DENGAN METODE SQ3R

Rukni Setyawati

Abstract


Salah satu tujuan membaca adalah siswa/mahasiswa mampu menangkap gagasan, pengalaman, dan pendapat secara cepat dan tepat. Pengalaman penulis dalam membelajarkan matakuliah Keterampilan Membaca II di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), FPBS IKIP PGRI Semarang, menunjukkan bahwa kemampuan membaca mahasiswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa dengan menggunakan metode SQ3R. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana metode membaca SQ3R dalam pembelajaran keterampilan membaca dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa? (2) Bagaimanakah format metode membaca SQ3R yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca sehingga dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa? (3) Bagaimana sikap mahasiswa terhadap penerapan kegiatan membaca dengan menggunakan metode SQ3R pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP PGRI Semarang? Hasil Penelitian menunjukkan bahwa metode membaca SQ3R dapat diterapkan sebagai metode membaca yang handal untuk meningkatkan
Volume kemampuan  membaca pemahaman mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FPBS IKIP PGRI Semarang. 


Keywords


keterampilan membaca, membaca pemahaman mahasiswa, metode SQ3R

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v9i1.279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->