KALIMAT SYAHADAT DALAM MANTRA MELAYU DI KETAPANG: STRATEGI ISLAMISASI PENDUDUK LOKAL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Attas, S. N. (1969). A general theory of the islamization of the Malay-Indonesian archipelago. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
_____________. (1972). Islam dan sejarah kebudayaan Melayu. Kuala Lumpur: Universiti Kebangsaan Malaysia.
_____________. (2011). Islam dan sekularisme. Bandung: Institut Pemikiran Islam dan Pembangunan Insan.
Al-Qarni, A. (2008). Laksana Nabi Muhammad Saw. Jogjakarta: DIVA Press.
Alu Syaikh, S. A. H. (2008). Fathul majid, penjelasan kitab tauhid. (Izzuddin Karimi, penerjemah). Jakarta: Pustaka Azzam.
Al-Utsaimin, S. M. S. 2010. Ulasan tuntas tentang 3 prinsip pokok siapa rabbmu, apa agamamu, siapa nabimu. (Zainal Abidin Syamsuddin, Ainul Haris Arifin, penerjemah). Jakarta: Darul Haq.
Alwasilah, A. C. (2008). Pokoknya kualitatif: dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.
Asfar, D. A. (2005). Islamic and pre-Islamic culture: the data of Malay oral tradition in Cupang Gading, West Kalimantan. Makalah yang disampaikan dalam konferensi di Chiang Mai pada tanggal 8—9 Desember 2005.
Braginsky, V.I. (1994a). Erti keindahan dan keindahan erti dalam kesusasteraan Melayu klasik. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
_____________. (1994b). Nada-nada Islam dalam sastera Melayu klasik. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Braginsky, V.I. 1998. Yang indah, berfaedah dan kamal: sejarah sastra Melayu dalam abad 7—9. Jakarta: INIS.
Chambert-Loir, H. (2014). Iskandar Zulkarnain, Dewa Mendu, Muhammad Bakir dan kawan-kawan: lima belas karangan tentang sastra Indonesia lama. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Collins, J. T. (2011). Bahasa Melayu bahasa dunia: sejarah singkat. Jakarta: Pustaka Yayasan Obor.
Denzin, N.K. & Lincoln, S. Y. (ed.). (2009). Handbook of qualitative research. (Dariyatno, Badrus Samsul Fata, Abi, John Rinaldi, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamaris, E. (1990). Menggali khazanah sastra Melayu klasik. Jakarta: Balai Pustaka.
Hadi W.M., A. (2001). Tasawuf yang tertindas kajian hermeneutik terhadap karya-karya Hamzah Fansuri. Jakarta: Penerbit Paramadina Bekerjasama dengan Yayasan Adikarya Ikapi dan The Ford Foundation.
Hamid, A. (2005). Syekh Yusuf Makassar: seorang ulama, sufi, dan pejuang. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Hamid, I. (1990). Asas kesusasteraan Islam. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Hermansyah. (2010). Ilmu gaib di Kalimantan Barat. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Ibnu Hazm. (2007). Al Muhalla. Jakarta: Pustaka Azzam.
Piah, H. M. (1989). Puisi Melayu tradisional: satu pembicaraan genre dan fungsi. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Reid, A. (1999). Dari ekspansi hingga krisis: jaringan perdagangan global Asia Tenggara 1450—1680. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Ricklefs, M. C. (2008). Sejarah Indonesia modern 1200-2008.Jakarta: Penerbit Serambi.
Romandhon MK. (2014). Jejak historis Syekh Subakir, melacak riwayat “penumbalan” tanah Jawa dan Wali Songgo generasi pertama. Yogyakarta: Penerbit Araska.
Yusriadi. (2001). Islamisasi di pedalaman Kalbar, perspektif linguistik dan tradisi lisan. Jurnal Khatulistiwa,1(1): 13—22.
DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v12i1.71
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231
Telepon(0401) 3135289, 3135287
pos-el: kandaisultra@gmail.com
-->