KLASIFIKASI DAN ANALISIS KLAUSA BAHASA CULAMBATU

NFN Firman A.D.

Abstract


Kajian dalam penelitian ini mengambil bidang sintaksis. Kajian sintaksis dalam penelitian ini difokuskan pada jenis klausa dan analisis klausa bahasa Culambatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi dan menganalisis klausa bahasa Culambatu. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan sinkronis yang berusaha mendeskripsikan dan memerikan jenis dan struktur klausa bahasa Culambatu yang dipaparkan secara kualitatif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah berdasarkan unsur internnya, klausa bahasa Culambatu memiliki struktur subjek + predikat, struktur predikat + subjek, dan struktur yang tidak berunsur subjek. Selain itu, dalam bahasa Culambatu juga dikenal klausa positif dan negatif. Berdasarkan kategori kata atau frasa yang menduduki fungsi predikat ditemukan klausa nominal, klausa verbal, klausa numeral, klausa preposisional, dan klausa adjektival. Dalam analisis klausa bahasa Culambatu berdasarkan fungsi unsur-unsurnya terdiri atas unsur subjek dan predikat, objek dan pelengkap, dan keterangan. Berdasarkan kategori kata atau frasa yang menjadi unsurnya, dapat dikemukakan bahwa klausa bahasa Culambatu unsur subjeknya selalu terdiri atas kata atau frasa yang termasuk kategori nomina; unsur predikat dapat terdiri atas kata atau frasa kategori verba, nomina, adjektiva, numeralia, preposisi, dan adverbia. Makna yang terkandung dalam pengisi unsur predikat adalah makna ‘perbuatan’, ‘keadaan’, ‘keberadaan dan kejadian’, ‘pengenal’, ‘jumlah’ dan ‘pemerolehan’.

Keywords


bahasa Culambatu; klasifikasi klausa; analisis klausa

Full Text:

PDF

References


Asri. (2013) Fonologi bahasa Culambatu. Hasil Penelitian. Kendari: Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara. Kendari.

Ba’dulu, A. M. & Herman. (2010). Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta. Chaer, A. (2003). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanna. (2012). Bahasa Culambatu di Sulawesi Tenggara (dulu, kini, dan masa depan). Dalam Masao Yamaguchi (Ed.). Aspek-aspek bahasa daerah di Sulawesi bagian selatan, (7-28). Kyoto: Hokuto Publishing Inc. Kridalaksana, H. 2008. Kamus linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Kurniawaty, L. (2013). Morfologi bahasa Culambatu. Hasil Penelitian. Kantor Bahasa Prov. Sultra. Kendari. Pomalingo, N. N., Ntelu, A. & Sance A. L. (2015, 15 Januari). Relasi subjek dan predikat dalam klausa bahasa Gorontalo. Diperoleh dari http://kim.ung.ac.idindex.php. Pusat Bahasa. (2008). Bahasa dan peta bahasa di Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramlan, M. (2005). Ilmu bahasa Indonesia sintaksis (edisi kesembilan). Yogyakarta:CV. Karyono.

Sidu, L. (2012). Sintaksis bahasa Indonesia. Kendari: Unhalu Press. Soeparno. (2002). Dasar-dasar linguistik umum. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Sugiyono. (2015). Menyelamatkan aset kebahasaan Indonesia. Prosiding. Kongres II Bahasa-Bahasa Daerah Sulawesi Tenggara2014. Pemertahanan Bahasa Daerah dalam Bingkai Keberagaman Budaya di Sulawesi Tenggara: 12-22. Kendari: Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara.

Suwanto, Y. & Indratmo, A. (2006, 15 Januari). Klausa adverbial

temporal bahasa Jawa (Kajian Struktur dan Semantik). Diperoleh dari http:// sirine.uns.ac.id/penelitian.php.

Verhaar, J.W.M. (2012). Asas-asas linguistik umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v12i2.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->