PEMAHAMAN FONETIK SISWA SEKOLAH DASAR TERHADAP TEKNIK MEMBACA BERSUARA

Tsaqifa Taqiyya Ulfah, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pemahaman fonetik yang merujuk pada pelafalan bunyi bahasa, intonasi, dan pengaruh dialek bahasa daerah terhadap pelafalan siswa kelas 1-6 SD melalui teknik membaca bersuara. Masalah penelitian adalah terdapat ketidaktepatan pelafalan bunyi bahasa dan intonasi saat membaca pada siswa sekolah dasar khususnya pada siswa kelas awal. Untuk memecahkan masalah dan tujuan penelitian digunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) pelafalan bunyi vokoid, kontoid dan semi vokoid pada siswa kelas 1-6 SD  belum sempurna. (2) Terdapat ketidaktepatan intonasi saat membaca. Ketidaktepatan dalam berintonasi dialami oleh siswa kelas 1-2 SD. Siswa kelas 1-2 SD belum memahami intonasi sehingga siswa cenderung  membaca dengan nada datar. (3) Pemahaman intonasi pada kelas 3-6 SD sudah mulai berkembang, walaupun intonasi yang dihasilkan belum sepenuhnya sempurna.(4)Tedapat pengaruh dialek  bahasa daerah terhadap pelafalan bunyi bahasa dan intonasi  pada siswa kelas 1 SD. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman fonetik  siswa sekolah dasar belum sempurna layaknya orang dewasa.

Keywords


Pemahaman, Fonetik, Pelafalan, Intonasi, Dialek

Full Text:

PDF

References


Devita, A.A & Sofyan, A.N. (2020). Afiks Derivatif Pada Lagu Ed Sheeran Dalam Album Divide: Suatu Kajian Morfologis. Jurnal Medan Makna 18(1), 1.

Faznur, L. S., & Didah, N. (2019). Komparasi Fonem Bahasa Sunda dan Bahasa Indonesia dalam Buku Teks. PENA LITERASI: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia., 2(2), 262.

Fitriani. (2018). Ketrampilan Membaca Nyaring dengan Menggunakan Media Kartu Kata. PUIES: Pedagogik Journal Elementary School, 1(1), 40.

Gusri. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode SAS Siswa di SDN115 Kab. Pirang. Jurnal Kuriositas, 8(2), 38.

H, P. A., & Krisnajaya. (2014). Fonologi Bahasa Indonesia Dalam: Hakikat Fonologi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Irfadila, M. S. (2017). Penerapan Teknik Pemodelan Fonologis dalam Pembelajaran Membaca Bersuara pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Paninggahan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(17), 87.

Irfadila, M. S., Amazaki, & Jufrizal. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Bersuara Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Paninggahan Melalui Teknik Pemodelan Fonologis. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran, 1(3), 72.

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan diunduh tanggal 15 April 2020.

Kartika, E., Kresnadi, H., & Haldijah, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode SAS di Kelas I SDN 44 Pulau Nyamuk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(10), 6.

Lauder, M.RMT, (2002). Reevaluasi Konsep Pemilah Bahasa Dan Dialek Untuk Bahasa Nusantara. Jurnal MAKARA, SOSIAL HUMANIORA, 6(1), 2.

Mayasari, I. (2015). Senyapan dan Kilir Lidah dalam Produksi Ujaran (Kajian Psikolinguistik). Jurnal DEIKSIS, 7(2), 124.

Mile, N. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Dan Pengunaan Papan Flanel di Kelas 1 SD Negeri 1 Palu. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(4), 263.

Panjaitan, C. J., & Hasanah, U. (2018). Meminimalisir Kesulitan Membaca dengan Metode Reading Aloud pada Siswa MIN 1 Langsa Sumatra Utara 3 September 2018. Seminar Nasional Royal (SENAR).

Prasetyo, W., & Hartati, U. (2018). Perbedaan Bahasa Indonesia Standar dengan Bahasa Melayu Sambas: Di Bidang Fonologi dan Kosakata. Jurnal CARAKA, 4(2), 146.

Putradi, A. W. A. (2016). Pola-pola Perubahan Fonem Vokal dan Konsonan dalam Penyerapan Kata-kata Bahasa Asing ke dalam Bahasa Indonesia: Kajian Fonologi). Jurnal Arbiter, 3(2), 99.

Rohmadi, M., Sugiri, E., & Nugraheni, A. S. (2017). Belajar Bahasa Indonesia: Upaya Terampil Membaca dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media.

Sanoe, B. C., Triatri, S., & Patmodewo, S. (2019). Efektivitas Pelatihan Bunyi Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 441.

Siyoto, S., & Ali Sodik, M. (2015). Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (PIRLS) 2011. Jurnal LITERA, 14(1), 171.

Suryana. (2010). Metodologi Peneitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Taembo, M. (2016). Kajian Dialek Fonologi Bahasa Indonesia. Jurnal Kandai, 12(1), 6.

Tanjung, A. S., Gustianingsih, & Lubis, S. (2019). Kajian Psikolinguistik terhadap bentuk dan Fungsi Lingual Latah: Studi Kasus Warga Medan. Jurnal Medan Makna, 17(2), 146.

Utami, R.D, Wibowo, D.C, & Susanti, Y. (2018). Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar Negeri 01 Belintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4 (1), 180.

Waridah. (2016). Pemerolehan Fonologi dalam Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Diversita, 2(1), 67.

Warini. (2015). Peningkatan Pemahaman Isi Bacaan melalui Teknik Membaca dengan Intonasi Tepat. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1), 91.

Zahid, I., & Umar, M. S. (2012). Fonetik dan Fonologi Siri Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Melayu. Kuala Lumpur: PTS Akademia.




DOI: https://doi.org/10.26499/mm.v18i2.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.