MAKNA DOA PANGROKAT DALAM TRADISI PETIK LAUT MUNCAR DI DUSUN KALIMATI BANYUWANGI

NFN Annisa

Abstract


This study aims to describe the meaning of the doa Pangrokat in tradition Petik Laut Muncar inside Kalimati village, Banyuwangi. The meaning there are in the doa Pangrokat is divided into two meanings is the meaning of denotative and connotative meaning by using the theory of semiotics. This research is an ethnography white the semiotic approach. The data sources of this two informant. The results of this study show that difference of meaning. The difference is found in doa Pangrokat is are in trust local society on figures believed. Whereas the denotative meaning there are the doa Pangrokat about matters relating to Islamic.

 


Keywords


pangrokat; meaning; petik laut

Full Text:

PDF

References


Barthes, R. (1972). Membedah mitos-mitos budaya massa: semiotika atau semiologi tanda, simbol, dan representasi. (Ikramullah, M., penerjemah). Yogyakarta: Jalasutra.

Biyantari, L. A. (2009). Aspek moral dalam novel harimau! harimau karya Mochtar Lubis tinjauan semiotik. Skripsi. Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta, diperoleh dari http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/4443.

Dewi, I. A. K. S., Sendratari, L. P., & Mudana, I. W. (2014). Pemertahanan tradisi budaya petik laut oleh nelayan Hindu dan Islam di desa Pekutatan, Jembarana-Bali. Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah, 2(1), 1—12, diperoleh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPS/article/view/4153.

Endaswara, S. (2013). Metode Penelitian sastra (epistemologi, model , teori, dan aplikasi). Yogyakarta: Media Press.

Ismujihastuti, R. A. G. D., & Mahadian, A. B (2015). Representasi wanita dalam sampul album raisa (analisis semiotik roland barthes terhadap sampul album raisa andriana “raisa” dan “heart to heart”). eProceedings of Management, 2(1), 994–1007, diperoleh dari https://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/3444/3268.

Piliang, Y. A. (2004). Semiotika teks: Sebuah pendekatan analisis teks. MediaTor Jurnal Komunikasi, 5(2), 189-198. doi:10.29313/mediator.v5i2.1156.

Rakhmat, P., & Fatimah, J. M. (2017). Makna Pesan simbolik non verbal tradisi mappadendang di kabupaten Pinrang. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 331-348. doi: 10.31947/kjik.v5i2.1911.

Ratna, N. K. (2016). Metode penelitian kajian budaya dan ilmu-ilmu sosial humaniora pada umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sartini, N. W. (2009). Menggali Nilai kearifan lokal budaya jawa lewat ungkapan (bebasan, saloka, dan paribasa). Logat: Jurnal Ilmiah-Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 5(1), 28—37.

Soekmono, R. (1981). Pengantar sejarah kebudayaan Indonesia 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Soerhartono, I. (2015). Metode penelitian sosial suatu teknik penelitian bidangkesejahteraan sosial dan ilmu sosial lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rasyid, S., & Husain, M. (2014). Puisi magis pangissengeng: Bentuk dan makna. Sawerigading, 20(2), 251–259. doi: 10.26499/sawer.v20i2.31.

Wulandari, W. (2013). Mitos dalam upacara petik laut masyarakat madura di Muncar Banyuwangi: Kajian etnografi. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Jember, diperoleh dari http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3819.




DOI: https://doi.org/10.26499/und.v15i1.1473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.