PELAKSANAAN PENDEKATAN “PAKEM” DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO PADA SISWA SMP

sakila sakila

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah mendeskripsikan penggunaan pendekatan “PAKEM” dalam pembelajaran menulis teks pidato pada siswa SMP. Data yang dikumpulkan berupa data tentang aktivitas siswa pada saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dan tes hasil belajar. Data-data yang dipergunakan dalam penyusunan karya tulis ini berasal dari berbagai literatur kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan rekaman, serta studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif, dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta pengujian kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan “PAKEM” dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato. Simpulan hasil kajian dengan menggunakan pendekatan PAKEM, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato secara signifikan. Disarankan kepada guru dapat menerapkan pendekatan pembelajaran “PAKEM” untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato kepada siswa.


Keywords


Menulis, teks, pidato, pendekatan, pembelajaran, PAKEM.

References


Asmani, J.M. 2011. 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Yogyakarta: Diva Press.

Depdiknas (2005). Paket Pelatihan 1. Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Melalui Manajemen Berbasis Sekolah, Peran Serta Masyarakat, dan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.

Fadlillah, M. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Gora, Winastwan. Sunarto. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Idris, Iswadi. 2015. Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah Menengah di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Dalam Jurnal Guru Dikmen. Vol 1. No.1. November 2015. Hal 45-53.

Keraf, Gorys. 1970. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Krissandi, Apri Damai Sagita, dkk. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta : Penerbit Media Maxima.

Latifah, Euis. 2014. Pendekatan PAKEM dalam Pembelajaran, (http://euislatifah.blogspot.com/2014/06/pendekatan-pakem-dalam-pembelajaran.html) diunduh 17 September 2018

Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran, dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish.

Madjid. 2007. Perencanaan pembelajaran. Bandung : Tarsito.

Mulyasa, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung : Rosda Karya.

Nazir. 1998. Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Pardjimin. 2007. Bahasa Indonesia SMP Kelas IX. Bogor : Yudhistira Ghalia Indonesia.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Samion, Yudi Darma. 2016. Potret Pendidikan dan Kompetensi Guru di Daerah Perbatasan Kabupaten Sanggau. Dalam Jurnal Borneo Akcaya. Vol 3. No.1. Juni 2016. Hal 1-15.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Konsep PAKEM, (https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/22/konsep-pakem/ ) diunduh 29 Juli 2018.

Sumadi, Ahmad. 2014. Pengaruh Stabilitas Emosi dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Kerja Guru SMA Negeri Kota Bandar Lampung. Dalam Jurnal PTK Dikmen. Vol 4. No.1. Desember 2014. Hal 55-61.

Supriatna, Agus. 2007. Bahasa Indonesia Untuk Kelas IX. Bandung : Grafindo Media Pratama.

Tarigan, Hendri Guntur. 1994, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Usman, Husaini. 2014. Peningkatan Kompetensi Guru Profesional Abad 21 melalui Bimbingan Teknik. Dalam Jurnal PTK Dikmen. Vol 4. No.1. Desember 2014. Hal 1-9

Zahara, Elvi. 2016. Penerapan Pendekatan Pembelajaran PAKEM Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 002 Bagan Besar. Dalam Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol.5. No. 3. 25 November 2016. Hal. 411-415


Refbacks

  • There are currently no refbacks.