PENGUASAAN KOSAKATA SISWA SD DI KECAMATAN PONDOKKELAPA, KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU

Syamsurizal syamsurizal

Abstract


Abstrak

Kemampuan penguasaan kosakata mempunyai peranan yang sangat penting dalam aktivitas berkomunikasi. Penguasaan kosakata merupakan penunjang kemampuan seorang peserta didik dalam keterampilan berbahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa sekolah dasar di Kecamatan Pondokelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan teori penguasaan kosakata, dengan motede gabungan antara metode kualitatif dengan kuantitatif. Dari hasil analisis data, didapatkan bahwa terdapat 28 orang siswa dari 60 siswa kelas 2 memiliki kemampuan antara buruk sekali dengan cukup, 32 siswa berada pada level baik—sempurna. Tiga puluh tujuh siswa memiliki kemampuan antara buruk sekali dengan cukup, 23 siswa berada pada level baik—baik sekali.  Empat puluh empat siswa yang memiliki kemampuan antara buruk sekali dengan cukup, hanya 15 siswa yang berada pada level baik. Tidak terdapat siswa yang memiliki kemampuan kosakata yang baik sekali atau sempurna.

 


Keywords


Kata Kunci: kemampuan, kosakata, siswa SD

References


Daftar Pustaka

Alwi, Hasan, Dendy Sugono. 2011. Politik Bahasa. Jakarta: Badan Bahasa.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

BPS Bengkulu Tengah. 2017. Kabupaten Bengkulu Tengah dalam Angka. Bengkulu Tengah:

BPS Kabupaten Bengkulu Tengah.

Chaer, Abdul. 2007. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik, Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka

Cipta.

Dardjowijoyo, S. 2010. Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta:

Yayasan Obor Indonesia.

Defitasari. 2017. berjudul “Peningkatan Penguasaan Kosakata Benda Melalui Media Gambar Berbasis

Lingkungan pada Siswa Tunarungu Kelas Dasar 1 di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman”. Jurnal.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghazali, A. Syukur. 2013. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan

Komunkatif-Interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.

Pramesti, Utami Dewi. 2015. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dalam

Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang”. Jurnal. Padang: Universitas

Andalas Padang, hlm. 84.

Pusat Bahasa. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Richards, J., Platt, J. & Weber, H. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistics.

London: Longman.

Soedjito. (1992). Kosakata Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subana, dkk. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Subyakto, U & Nababan. 1992. Psikolinguistik Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Duta

Wacana University Press.

Tarigan, H.G. 1981. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

-----------------.1989. Metodologi Pengajaran Bahasa (Suatu Penelitian Kepustakaan).

Jakarta: Depdikbud.

-----------------1993. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.