EKOKRITIK PADA ANTOLOGI PUISI BAYANG-BAYANG TEMBAWANG

Mus - Musfeptial

Abstract


Penelitian ini berjudul Ekokritik pada Antologi Puisi Bayang-Bayang Tembawang.  Antologi ini merupakan hasil seleksi  dari naskah yang lolos pada dialog sastra Kalimantan Barat tahun 2015. Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran utuh mengenai ekokritik pada antologi puisi. Teori yang digunakan pada kajain ini adalah teori ekokritik sastra.  Ekokritik sastra dapat dimakni kritik karya sastra terhadap fenomena lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam perspektif sastra. Penelitian ini juga didukung dengan pendekatan sosiologis. Pendekatan sosiologis dalam dunia sastra pada dasarnya  melihat hubungan antara karya sastra dengan masyarakat.  Analisis data menunjukkan adanya ekokritik pada  ketiga puisi yang dianalisis. Ketiga puisi tersebut adalah Elegi Tanah Borneo karya N.Diana, kedua, puisi Cerita Sebuah Kota Zailani Abdullah, dan keitga puisi Kunang-Kunang Perjamuan   karya Josep Odilo Oendoen.


Keywords


puisi, kritik, lingkungan

References


Ardiansyah. 2011. ”Deforestasi di Pulau Kalimantan Tahun 2007 hingga 2009” Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, departemen Geografi Universitas Indonesia. Skripsi.

AS, Burhanuddin. 2018. ”Ekokritik dalam Puisi Catatan 10 Januari 1989, Siang Karya Wiji Thukul”. Prosiding Seminar Nasional KBSP V.

Atfalusoleh, Safrudin. 2018.” Kajian Ekokritik Sastra Cerpen Harimau BelangKarya Guntur Alam dalam Kumpulan Cerpen Kompas 2014” Karma Tanagh & Cerita Lainnya.” Prosiding Seminar Nasional KBSP V.

Damayanti, Wahyu. 2017. “ Varian Repetisi dalam Antologi Puisi Karya Penulis Kalimantan Barat.” dalam Salingka.Volume 14. Edisi Juni 20017.

Dialog Borneo. 2015. Antologi Puisi Pengarang Kalimantan Barat: Bayang-bayang Tembawang. Pontianak: Pijar Publishing.

Endraswara, Suwarndi. 2003. Ekokritik Sastra: Konsep, Teori dan Terpan. Yogyakarta: Morfolingua.

Endraswara, Suwarndi. 2016. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Ensklopedia jurnal bumi

Juanda. 2018. “Eksplorasi Nilai Pendidikan Lingkungan Cerpen Daring Republika: Kajian Ekokritik” dalam Jurnal Sosial Humaniora. Volume 11, Edisi 2, ISSN Online: 2443-3527.

KBBI V Ofline

Musfeptial. 2017. “Konflik Sosial – Ekonomi dalam Novel Batas Karya Akmal Nasery Basral” dalam Kandai Volume 13, Nomor 2 November 2017. Kendari: Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.

Ratna, Nyoman Kutha. 2006. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uniawati. 2014. ”Nelayan di Laut Utara: Sebuah Kajian Ekokritik” dalam Kandai Volume 10, Nomor 2 November 2014. Kendari: Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.

Wikipedia Indonesia. diunduh tanggal 10 April 2020.

www.mongabay.co.id. diunduh tanggal 10 April 2020.

www.dephub.go.id. Dunduh tanggal 1 Mei 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.