MODEL PEMBEAJARAN PUISI YANG KREATIF DAN PRODUKTIF SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

M Yusuf, Dendi Wijaya, Dendi Wijaya

Abstract


Puisi sebagai sarana dalam proses pembelajaran sastra di sekolah mempunyai tujuan untuk memperdalam penalaran, perasaan, serta daya imajnasi siswa agar peka terhadaplingkungan masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bahwa kepekaansiswa terhadap lingkungan masyarakat merupakan landasan pembentukan karakter di sekolah. Pengajaran puisi dapat memberikan kontribusi positif dalam penidikan karakter karena mengedepankan keterampilan berbahasa. Karena keterampilan berbahasa dalam pengajaran puisi harus melewati tahapan membaca, menyimak, mendengarkan, dan menulis. Tulisan ini dibuat untuk memberikan pandangan tentang konsep pengajaran puisi yang kreatif dan produktif dengan metode kepustakaan. Saat ini, kita ketahui banyak ketidaksiapan guru dan siswa dalam menjalankan proses pembelajaran sastra di sekolah karena keterbatasan kemampuan. Dalam konteks ini dapat dinyatakan bahwa metode pembelajaran puisi yang diharapkan adalah implementasi yang bertumpu pada bentuk pengajaran yang bersifat reseptif, kreatif, dan produktif sehingga guru mampu menggali dan mengenali intelektualitas siswa.


References


Jabrohim (ED), 1994. “Pengajaran Sastra” Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan FPBS IKIP Muhammadiyah Yogyakarta.

Sudaryono, 2007. “Implementasi Strategi Re-Kreasi dalam Pembeljaran Menulis Kreatif Puisi” Jurna Pendidikan dan Pembelajaran Certel Vol.3 No.2, januari 2015

Sujiman, Panuti. 1994. “Kamus Istilah sastra” Gramedia, Jakarta.

Miharja, Dimas Arika, dkk, 2015. “[R]ESENSI SASTRA” Pustaka Senja, Yogyakarta.

Syuti, Suminto A. 2002. :Menuju Pendidikan dan Pengajaran Sastra yang Memerdekakan”. Dalam sastra Ideologi, Politik, dan Kekuasaan. Yogyakarta: Muhamadiyah, University Press dan Hiski Komisariat Surakarta.

Siswanto. 2010. “Metode Penelitian Sastra” Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Lubis, Abdul, 2012. “Discovery Worid Medan Arsitektur Rekreatif Edukatif”. Medan. Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.