ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI BUDAYA CERITA RAKYAT PUTI DAYANG AYU SASTRA LISAN DIDENG RANTAU PANDAN

Fit Fitria Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan menemukan struktur dan nilai budaya pada cerita rakyat Puti Dayang Ayu dalam sastra lisan Dideng Rantau Pandan, Jambi.  Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini bagaimana struktur cerita rakyat  Puti Dayang Ayu dan nilai budaya apa saja yang terkandung di dalamnya. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data  studi kepustakaan dengan mengutip hasil wawancara yang pernah dilakukan langsung dengan penutur cerita rakyat Puti Dayang Ayu. Hasil penelitian menunjukkan struktur/fakta cerita dalam cerita rakyat Dideng Puti Dayang Ayu ini memiliki alur lurus konvensional, latarnya di desa, di ladang, di rumah nenek Rubiyah, dan di hutan, tokoh utamanya Puti Dayang Ayu dan Dang Bujang. Puti Dayang Ayu memiliki paras yang cantik, sensitive, dan patuh dan Dang Bujang memiliki sifat patuh, cerdik, dan penyayang. Nilai budaya yang ditemukan rendah hati, patuh, cerdik, dan kasih sayang.

 

 


Keywords


Kata kunci : Dideng, struktur, fakta cerita, nilai budaya

References


DAFTAR PUSTAKA

Ayatrohaedi, 1986, Kepribadian Budaya Bangsa (local Genius), Pustaka Jaya, Jakarta.

Koentjaraningrat. 1985.Persepsi Tentang Kebudayaan Nasional. Dalam Alfian (ed) Persepsi Masyarakat Tentang Kebudayaan. Jakarta : Gramedia.

Meleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rusyana, Yus dan Ami Raksanegara. 1978. Sastra Lisan Sunda: Cerita Karuhan, Kajajaden, dan Dedemit. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Rassuh, Ja’far (ed). (2012). Musik Sastraonal. Proyek Pelestarian Nilai-Nilai Budaya Daerah : Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jambi.

__________________.(tanpa tahun). “Krinok: Ciri Senandung Melayu Jambi” (Manuscript). Dewan Kesenian Daerah Jambi.

Sande, JS et al. 1998. Struktur Sastra Lisan Wolio. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Stanton, Robert.(Terj. Sugihastuti dan Rossi Abi Al Irshad).2007. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..

Syapruddin. 2009. ”Revitalisasi Nilai-Nilai Budaya Sasak dalam Pengamalan dan Penegakkannya”. Makalah Seminar Nasional dan Pameran Hasil-Hasil Penelitian dalam Rangka Dies Natalis Universitas Mataram ke-47 tanggal 29-30 September 2009

Supsiolani. (2008). Analisa Nilai Budaya Masyarakat Dan Kaitannya Dalam.

Pembangunan Wilayah Di Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun. Tesis. Medan:Universitas Sumatera Utara.

Tambunan, Irma. 2019. Jariah, Maestro Seni Dideng dari Rantau Pandan, Jambi. Kompas : 19 November.

Teeuw, A.1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Taum, Yoseph Yapi. (2011). Studi Sastra Lisan : Sejarah, Teori, Metode dan Pendekatan Disertai Contoh Penerapannya. Yogyakarta : Lamalera.

Tauvif, Gadis. 2016. Penuturan Sastra Lisan Dideng Puti Dayang Ayu Rantau Pandan : Kajian Etnografi. Tesis. Universitas Jambi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana.

Zaimar, K.S. (2008). “Metodologi Penelitian Sastra Lisan” dalam Metode Kajian Sastra Lisan (ed.Pudentia MPSS). Jakarta : Asosiasi Sastra Lisan (ATL).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.