ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM TALKSHOW NAJWA SHIHAB MUDIK DAN PULANG KAMPUNG ITU BEDA. (KAJIAN FONOLOGI)

Alfin Fatiha Rahmah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang kata mudik dan pulang kampung itu beda, pada acara talkshow Najwa Shihab yang dituturkan Joko Widodo. Bahasa adalah alat yang digunakan manusia untuk berinteraksi dalam suatu kegiatan, seperti dalam dunia kerja, hiburan, acara, dan lain sebagainya. Dalam kehidupan sehari-hari, sering terjadi kesalahan-kesalahan dalam tuturan berbahasa. Kesalahan ini sering terjadi pada tuturan bahasa yang terbatas dan komunikasi antara penutur dan petutur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dituturkan Joko Widodo, serta berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan berbahasa dalam bentuk fonem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus kajian ini pada bidang fonologi yang objeknya adalah kesalahan dalam berbahasa.

Kata Kunci : Bahasa, Fonologi dan Kesalahan berbahasa 

Keywords


Indonesia

References


Daftar Pustaka

Hadi,S. dkk. 2003. Perubahan Fonologis Kata-kata Serapan dari Bahasa Arab Dalam Bahasa

Indonesia. Jurnal Humaniora :15(2), 121-132

Suherman, Ahmad. 2012. Perubahan Fonologis Kata-kata Serapan Bahasa Sunda dari Bahasa

Arab: Studi Kasus Pada Masyarakat Sunda di Jawa Barat, Indonesia. Jurnal

Sosiohumanika :5(1), 21-38.

Afriyani, Irma, Ira Anisa Purawinanggun. 2017. Analisis KesalahanFonem Pada Spanduk di

Jalan Daa Mogot Jakartaa Barat-Tangerang. Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa

dan Sastra Indonesia : 6(2),41-49.

Fatimah, F. N., Purnamasari, D., Pratiwi, D., & Firmansyah, D. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tuturan Pembawa Acara dan Bintang Tamu dalam Talk Show Hitam Putih yang berjudul "Fenomena Kanjeng Dimas". Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 775-786.

Idora, M., Mustafa, M., & Septyanti, E. (2021). Kesalahan Fonologi Pada Gelar Wicara Mata Najwa Trans 7. Jurnal Silistik, 8-18.

Sitompul, P., Hennilawati, & Harahap, S. M. (2021). Kesalahan Berbahasa dalam Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan pada Kajian Fonologi. Jurnal Basasasindo, hal. 29.

Wiksana, W. A. (2017). Studi Deskritif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan. MediaTor, 121-131.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.