NYERANAH: UNGKAPAN KEMARAHAN DALAM MASYARAKAT MELAYU PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Syarifah Lubna

Abstract


Terdapat lima ungkapan kemarahan dalam Masyarakat Melayu Pontianak Kalimantan Barat yaitu: beleter, ngambol, pendek tongkeng, nyumpah dan nyeranah. Ungkapan kemarahan ini mempunyai ciri dan gayanya masing-masing. Nyeranah adalah ungkapan kemarahan frontal yang bersifat menyerang lawan bicaranya. Nyeranah menjadi fokus penelitian ini untuk dideskripsikan secara kualitatif dan menjadi tujuan penelitian ini. Sampel penelitian yaitu 100 responden dipilih secara acak dari total populasi masyarakat Melayu Pontianak Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan statistika deskriptif. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dan dianalisis melalui tabulasi statistical product and service solution (SPSS) berdasarkan skala likert yaitu: sangat tidak setuju (1), tidak setuju (2), ragu-ragu (3), setuju (4), dan sangat setuju (5). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa 54% masyarakat Melayu Pontianak tidak setuju bahkan sangat tidak setuju untuk mengungkapkan kemarahannya dalam bentuk nyeranah dalam lingkungan pergaulannya.

Keywords


ungkapan kemarahan, Melayu Pontianak, Kalimantan Barat, nyeranah

References


Kusnandar, D. dkk. (2019). Metode Statistika serta Aplikasinya dengan Minitab, Excel dan R. Pontianak: Untan Press.

Mahsun, M.S. (2005). Metode Penulisan Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode dan Tehniknya. Jakarta: Rajawali Press.

Mahsun, M.S. (2007). Metode Penelitian Bahasa. Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lubna, S. (2011). Beleter for Transfering Language and Cultural Moral Values to Young Malays at Pontianak, Kalimantan Barat dalam Timothy Mc Kinnon, dkk (ed): 251-255. International Seminar Proceeding: Language Maintenance and Shift. Semarang: Master’s Program in Linguistics, Diponegoro University.

Lubna, S. (2011). Beleter Pemertahanan Budaya Melayu dalam Ekspresi Kemarahan dalam Subyantoro, dkk (ed): 73-78. Prosiding Bahasa dan Sastra. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Lubna, S. (2016). Ekspresi Kemarahan dalam Bahasa Melayu Pontianak Kalimantan Barat-Ekspression of Anger in Pontianak Malay West Kalimantan. Tuah Talino, 10(8), 60-68.

Lubna, S. (2019). Nyumpah: Ungkapan Kemarahan Masyarakat Melayu Pontianak Kalimantan Barat-Nyumpah: Anger Expression in the Society of Pontianak Malay Kalimantan Barat. Tuah Talino, 13(2), 270-282.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.