GAYA BAHASA DALAM IKLAN KOMERSIAL DI TELEVISI
Abstract
Iklan merupakan sarana pemasaran yang efektif dalam memasarkan sebuah produk. Bahasa yang digunakan dalam sebuah iklan adalah bahasa yang persuasi yang menarik minat penonton. Bentuk persuasi dapat berupa penggunaan gaya bahasa yang mampu memengaruhi pola pikir penonton sehingga tertarik untuk mencoba dan membeli produk yang ditawarkan. Masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah gaya bahasa apa saja yang muncul dan makna gaya bahasa pada iklan biskuit di televisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa apa saja yang muncul dan makna gaya bahasa pada iklan biskuit di televisi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Teknik yang digunakan adalah teknik rekam dan catat. Sumber data diperoleh dari iklan televisi yang diunduh dari youtube. Iklan tersebut diambil secara acak sebanyak 17 iklan biskuit yang ditayangkan di televisi swasta selama 5 tahun terakhir dari 2014—2019. Hasil penelitian menunjukkan gaya bahasa yang muncul dalam iklan berupa gaya bahasa repetisi, retoris, hiperbola, dan personifikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfiyani, Wulan. (2019). “Penggunaan Gaya Bahasa Iklan Produk di Facebook”. Jurnal Bahasa dan Sastra, 4(4). ISSN 2302-2043http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/BDS/article/view/12203/9437
Kotler, Philiph. (1990). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan dan Pengendalian.Jakarta: Erlangga.
Kusumawati. (2010). Analisis Pemakaian Gaya Bahasa pada Iklan Produk Kecantikan Perawatan Kulit Wajah di Televisi. https://eprints.uns.ac.id/278/1/169981511201010311.pdf
Kuswarno, Engkus. (2015). “Potret Wajah Masyarakat Digital Indonesia”. Digital Jurnal Communicate,1(1), Juli 2015, ISSN 2477-1376, 47-54
Kridalaksana Harimurti. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Lestari, Hani Dia dan Nusarini. (2017). “Gaya Bahasa Artis dalam Media Sosial”. JurnalCaraka,3(2). Edisi Juni. file:///D:/Makalah%20Gaya%20Bahasa/gaya%20bahasa.pdf
Pratiwi, Desak Putu Eka. (2015). “Iklan Komersial pada Media Elektronik: Gaya Bahasa, Makna,dan Ideologi”.Disertasi.https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/1090171011-1-HALAMAN%20AWAL.pdf
Suwito. (2013). “Analisis Gaya Bahasa Iklan di Televisi”. NOSI. 1(4), Agustus2013.http://www.pbindoppsunisma.com/wp-content/uploads/2013/09/33-SUWITO-415-423.pdf
Sevilla, C.G., dkk. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI Press.
Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.