Opresi Pernikahan Bagi Perempuan dalam Cerpen “Jemari Kiri” Karya Djenar Maesa Ayu

Amriani Happe, Ati Murmahyati

Abstract


This study aims to discuss the forms of oppression that occur in a marriage. In the short story “Jemari Kiri” by Djenar Maesa Ayu found oppression carried out in a marriage is very detrimental to women. This research uses literature study method and data collection through the reading of the “Jemari Kiri” short story which is conducted to obtain the description of the oppression that occurs in the short story. The data were then analyzed using descriptive methods and feminist theory by linking oppression in marriage and women depicted in the short story “Jemari Kiri”. The results showed that the oppression that occurs in marriage described in the short story “Jemari Kiri” caused women to experience limitations in living their lives as free human beings so that equality of rights between husband and wife was needed to achieve an ideal marriage and provide happiness for both parties.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bentuk opresi yang terjadi dalam sebuah pernikahan. Dalam cerpen “Jemari Kiri” karya Djenar Maesa Ayu ditemukan opresi dalam pernikahan yang sangat merugikan kaum perempuan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan pengumpulan data melalui pembacaan cerpen “Jemari Kiri” yang dilakukan untuk memperoleh gambaran opresi yang terjadi dalam cerpen tersebut. Data kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif dan teori feminis dengan menghubungkan opresi dalam pernikahan dan perempuan yang tergambar dalam cerpen “Jemari Kiri”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opresi yang terjadi dalam pernikahan yang digambarkan dalam cerpen “Jemari Kiri” menyebabkan perempuan mengalami keterbatasan dalam menjalani kehidupannya sebagai manusia yang bebas sehingga dibutuhkan kesetaraan hak antara suami dan istri untuk mencapai pernikahan yang ideal dan memberikan kebahagiaan bagi kedua belah pihak.


Keywords


Opresi; Kritik Feminis; Cerpen Jemari Kiri; oppression; feminist criticism

References


De Beauvoir, Simone. (1989). Second Sex: Fakta dan Mitos. Yogyakarta: Narasi.

De Beauvoir, Simone. (2016). Second Sex: Kehidupan Perempuan. Yogyakarta: Narasi.

Fakih, Mansour. (1996). Menggeser Konsepsi Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jackson, Stevie dan Jones, Jackie. (2009). Pengantar Teori-Teori Feminis Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra.

Faruk. (2014). Metode Penelitian Sastra: Sebuah Perjalanan Awal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Heriyani. (2018). Eksistensi Perempuan Bali dalam Tempurung Karya Oka Rusmini: Kajian Feminsime Eksistensialis Simone de Beauvoir. UNM Eprints Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar.

Maesa Ayu, Djenar. (2016). Cerpen Pilihan Kompas 2015: Anak Ini Mau Mengencingi Jakarta. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Sudarmanto, Budi Agung. (2015). Mitos Keperawanan dalam Cerpen Jemari Kiri Karya Djenar Maesa Ayu. Jurnal Widyaparwa Vol. 43, No. 2. Balai Bahasa Yogyakarta.

Tong, Rosemarie. (2009). Feminist Thought: A More Comperehensive Introduction. Colorado. Westview Press.

Udasmoro, Wening. (2017). Dari Doing ke Undoing Gender: Teori dan Praktik Kajian Feminisme. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v9i1.1828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.