Rekonsiliasi Keluarga dalam Cerita Rakyat Purbasari Ayu Wangi Atawa Lutung Kasarung (2008) dan Iklan Marjan 2020: Kajian Alih Wahana

Yuni Riyanti, Lily Tjahjandari

Abstract


This study uses the folklore of Purbasari Ayu Wangi atawa Lutung Kasarung by Ajip Rosidi (2008) and its adaptation works in the form of an advertisement for Marjan's product which will be broadcast in 2020. It is interesting to study this work to see how a folktale undergoes multiple transformations and still experiences changes when used as a commercial tool in the form of advertisements on television today. This research examine how ride-hailing travels in two media, namely text and video advertisements. The method used in this study is a qualitative method  focuses on adaptation. Theories and concepts used in this study are A.J. Greimas' structural theory, the concepts of adaptation, folklore, and advertising media discourse. The purpose of this research is to find out the family reconciliation contained in both corpus. The results of the study show that changes in media result in ideological changes in the conflicts shown through video advertisements. The journey of conflict in Purbasari Ayu Wangi atawa Lutung Kasarung shows how the power of older siblings dominates younger siblings. Family reconciliation is shown by how women are weak and dependent on men. Meanwhile, in the advertisement for Marjan 2020, the character Purbasari is shown to have power over herself. The presence of a man, namely Lutung Kasarung, plays a role in helping family reconciliation, but Purbasari appears with her own strength in resolving internal family conflicts. This research helps show how re-direction can improve the position of women without changing the core story.

 

Abstrak

Penelitian ini menggunakan cerita rakyat Purbasari Ayu Wangi atawa Lutung Kasarung (2008) karya Ajip Rosidi dan karya adaptasinya berupa iklan produk Marjan yang tayang pada tahun 2020. Karya tersebut menarik diteliti untuk melihat sebuah cerita rakyat mengalami transformasi berkali-kali dan masih mengalami perubahan ketika dijadikan alat komersil dalam bentuk iklan di televisi pada masa kini. Penelitian ini mengkaji perjalanan alih wahana dalam dua media, yakni teks dan video iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan alih wahana yang berfokus pada adaptasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural A.J. Greimas. Sementara itu, konsep yang digunakan berupa konsep adaptasi, folklor, dan wacana media iklan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rekonsiliasi keluarga yang terdapat dalam kedua korpus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan wahana mengakibatkan perubahan ideologi dalam konflik yang ditampilkan melalui video iklan. Perjalanan konflik dalam Purbasari Ayu Wangi atawa Lutung Kasarung memperlihatkan kuasa kakak mendominasi adik, rekonsiliasi keluarga diperlihatkan perempuan sebagai sosok yang lemah dan bergantung kepada laki-laki. Sementara itu, dalam iklan Marjan 2020 tokoh Purbasari diperlihatkan mempunyai kuasa atas dirinya sendiri. Kehadiran laki-laki yakni Lutung Kasarung berperan membantu rekonsiliasi keluarga, tetapi Purbasari tampil dengan kekuatannya sendiri dalam menyelesaikan konflik internal keluarga. Penelitian ini membantu memperlihatkan alih wahana dapat membuat posisi perempuan menjadi lebih baik tanpa harus mengubah inti ceritanya.


Keywords


transformation; folklore; advertising; family reconciliation

References


Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Penerbit Graniti.

Binotiana, M. N. (2008). Gambaran sibling rivalry pada anak ADHD dan saudara kandungnya [Skripsi tidak diterbitkan]. Universitas Indonesia.

Boudion, M. (2020, April 25). Kerajaan Kembali Raya. https://www.youtube.com/watch?v=hLkixEIrcKY&list=PLvfERhvwj31zyEIAkX2QJoqza5kYqrKVV&index=2

Boudoin, M. (2020a, March 24). Purbasari di Suatu Masa. https://www.youtube.com/watch?v=-W-RH3HRook&list=PLvfERhvwj31zyEIAkX2QJoqza5kYqrKVV&index=6

Boudoin, M. (2020b, April 5). Purba Sari dan Lutung Kasarung. https://www.youtube.com/watch?v=YUm7v6nfTcc&list=PLvfERhvwj31zyEIAkX2QJoqza5kYqrKVV&index=4

Damono, S. D. (2018). Alih Wahana. PT Gramedia.

Diani, P. S., & Widodo, A. A. (2022). Analisis Semiotika John Fiske dalam Iklan Marjan Tahun 2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(10), 3633-3640.

Endraswara, S. (2009). Metodologi Penelitian Sastra: Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi. FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Eppley, K. (2019). Close Reading: What is Reading for? Curriculum Inquiry, 49(3), 338-355. https://doi.org/10.1080/03626784.2019.1631701

Fang, L. Y. (2016). Penafsiran Tanda-Tanda Laut melalui Pemaknaan Hari dalam Naskah Melayu-Aceh Koleksi teuku Nurdin Aceh Utara. Manuskripta, 6(2), 39-58.

Fisher, D., & Frey, N. (2014). Close Reading and Writing from Sources. International Reading Association.

Furman, W., & Buhrmester, D. (1985). Children's perceptions of the qualities of sibling relationship. Family Development and the Child, 56(2), 448-461. https://doi.org/10.2307/1129733

Greimas, A. J. (1972). Semantique Structurale. Larousse.

Hutcheon, L. (2006). A Theory of Adaptation. Routledge.

https://doi.org/10.4324/9780203957721

Jassin, H. B. (1985). Kesusastraan Indonesia Modern dalam Kritik dan Esei III. Gramedia.

Jefkins, F. (1997). Periklanan (Edisi Kedua). Erlangga.

Kern, R. A. (1940). Het Soendaasch Pantoen - Verhaal Loetoengkasaroeng. BKI.

https://doi.org/10.1163/22134379-90001299

Kotler, & Keller. (2007). Principles of Marketing (13th Edition). Pearson Prentice Hall.

Kurniawan, I. (2017). Ekranisasi, Transformasi, dan Alih Wahana. Universitas Negeri Padang.

Maulida, C., & Amalia, D. P. (2021). Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia: Pendidikan Karakter dalam Dongeng Lutung Kasarung dan Beauty and The Beast: Kajian Struktral.

Meilani. (2013). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora, 4(1), 326-338.

https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i1.3443

Rosidi, A. (2008). Purba Sari Ayu Wangi atawa Lutung Kasarung (Cetakan IV). Nuansa.

Sanyoto, S. E. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain (Cetakan Pertama). Arti Bumi Intaran.

Sasongko, Y. P. D. (2021). Rekonsiliasi Konflik Internal Melalui Komunikasi Asertif Keluarga dalam Film IP Man 4 The Finale Karya Wilson Yip. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(2), 75-84.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga.

Suniarti, P. M. P. S. (1990). Transformasi Sastra: Analisis atas Cerita Rakyat "Lutung Kasarung" [Tesis tidak diterbitkan]. Universitas Indonesia.

Syihabbuddin, A. (2023). Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: Analisis Satra Banding Cerita Dongen Lutung Kasarung dan Beauty and The Beast. 7(2), 1326-1332.

Teeuw, A. (1979). Modern Indonesian Literature (2nd ed.). Martinus Nijhoff.

Traigan, D. (2009). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Angkasa.

Wiradharma, G., Fatonah, K., & Mahmudah, D. (2020). Dekonstruksi Cerita Rakyat Indonesia dalam Iklan Televisi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 137-152.

https://doi.org/10.31445/jskm.2020.3296




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v13i1.6648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.