Nilai Estetika pada Puisi Mantra Sunda di Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut

Tasya Nur Ilmi, Chye Retty Isnendes, Agus Suherman

Abstract


Mantra is one of the ancient forms of poetry that holds its own uniqueness in the realm of literature. Its uniqueness lies not only in its linguistic aspects, which are captivating, but also in its perceived magical powers. This study aims to inventory mantras that are still found scattered in Cilawu District, Garut Regency, accompanied by an aesthetic value analysis. The method employed is descriptive analytics with fieldwork techniques including observation, documentation, and interviews. The data collected from the field consists of 50 mantras, comprising 15 asihan mantras, 12 jangjawokan mantras, 5 jampe mantras, 9 singlar mantras, 2 rajah mantras, and 7 ajian mantras. However, for the purpose of this study, 6 types of mantras were sampled for analysis. The aesthetic values embedded in the mantras encompass philosophical aesthetics, language style, and linguistic sound. The philosophical aesthetic values found in the mantra poems encompass moral, social, psychological, historical, and religious values. The language styles employed include metaphor, association, hyperbole, personification, and simile. The linguistic sounds exhibit eight patterns, namely purwakanti pangluyu, purwakanti mindoan kawit, purwakanti laras madya, purwakanti cakraswara, purwakanti rangkepan, purwakanti laras wekas, purwakanti mindoan wekas, purwakanti margaluyu, purwakanti laras purwa, and purwakanti mindoan kawit.


Abstrak

Mantra merupakan salah satu bentuk puisi lama yang memiliki keunikan tersendiri dalam khazanah sastra. Keunikan tersebut di samping terletak pada aspek kebahasaannya yang bersifat eksitoris, juga dianggap memiliki kekuatan magis. Kajian ini bertujuan untuk menginventarisasi mantra yang masih tersebar di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, dengan disertai kajian nilai estetika. Metode yang digunakan, yaitu deskriptif analitik dengan teknik kerja lapangan berupa inventarisasi, dokumentasi, dan wawancara. Data yang terkumpul dari lapangan adalah 50 mantra, yang terdiri atas 15 mantra asihan, 12 mantra jangjawokan, 5 mantra jampe, 9 mantra singlar, 2 mantra rajah, dan 7 mantra ajian. Namun, pada penelitian ini diambil sampel 6 jenis mantra untuk dianalisis. Nilai estetika yang terkandung dalam mantra tersebut meliputi estetika filosofis, gaya bahasa, dan bunyi bahasa. Nilai estetika filosofis pada puisi mantra, yaitu nilai moral, nilai sosial, nilai psikologis, nilai historis, dan nilai religi. Gaya bahasa yang digunakan di antaranya majas metafora, majas asosiasi, majas hiperbola, majas personifikasi, dan majas simile. Adapun bunyi bahasa memiliki delapan pola, yaitu purwakanti pangluyu, purwakanti mindoan kawit, purwakanti laras madya, purwakanti cakraswara, purwakanti rangkepan, purwakanti laras wekas, purwakanti mindoan wekas, purwakanti margaluyu, purwakanti laras purwa, dan purwakanti mindoan kawit.



Keywords


aesthetic value; Sundanese mantra; magical power

References


Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra Perspektif Monodisipliner dan Interdisipliner. Gresik: Graniti.

Anasthasia D, E., & Lesmana, M. E. (2022). Terapan Estetika Sunda pada Suvenir Angklung di Saung Angklung Udjo. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(02), 265-277.

https://doi.org/10.33633/andharupa.v8i02.4520

Bahardur, I., & Ediyono, S. (2017). Unsur-Unsur Ekologi dalam Sastra Lisan Mantra Pengobatan Sakit Gigi Masyarakat Kelurahan Kuranji. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya 1(2), 24-30).

https://doi.org/10.17977/um007v1i22017p024

Danandjaja, J. (1994). Folklor Indonesia (Tiga). Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Dwipayana, I. K. A. (2023). Humanisasi Melalui Pembelajaran Sastra Lisan dalam Perspektif Tri Hita Karana: Kajian Etnopedagogik. Pedalitra III: Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), 229-237.

Fakhrurozi, J., Pasha, D., Jupriyadi, J., & Anggrenia, I. (2021). Pemertahanan Sastra Lisan Lampung Berbasis Digital di Kabupaten Pesawaran. Journal Of Social Sciences And Technology For Community Service, 2(1), 27.

https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.1068

Faruk. (2012). Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauziyah, E. F., & Gantina, G. (2022). Naskah Tiga Ajñana: Sebuah Tinjauan Filologi. 1(1), 20-23.

https://doi.org/10.61296/kabuyutan.v1i1.30

Hadiansah, D. (2018). Study of Structure and Value of Sundanese Local Wisdom of Novel Prabu Siliwangi by E. Rokajat Asura and Utilization as Teaching Materials of Literature at Senior High School. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1) 46-57.

https://doi.org/10.23969/wistara.v2i1.2288

Hamzah, A., & Tahir, I. (2021). Eksistensi Sastra Lisan Gorontalo: Kajian Warisan Tinilo pada Generasi Muda Gorontalo di Era 4.0. Jurnal Bahasa, 10(4), 191-204.

https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30775

Heri Isnaini. (2022). Mantra Asihan Makrifat: Analisis Struktur, Konteks Penuturan, Proses Penciptaan, dan Fungsi. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(1), 1-12.

https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i1.12

Hestiyana, H. (2020). Struktur dan Fungsi Mantra Hidu-Mahidu Tatamba Anak pada Masyarakat Dayak Bakumpai. Sirok Bastra, 8(2), 139-151.

https://doi.org/10.37671/sb.v8i2.253

Iskandarwassid. (1992). Kamus Istilah Sastra: Pangdeudeul Pengajaran Sastra Sunda. Bandung: Geger Sunten.

Isnendes, C. R. (1998). Analisis Puisi Mantra di Kacamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Isnendes, C. R. (2009, 19 Februari). Puisi Mantra: Sisi Terapi Hiji Hegemoni Sastra Residual. Diakses pada 29 Februari 2024, dari https://chyeretty.wordpress.com/esai-budaya-sastra-sunda/puisi-mantra-sisi-terapi-hiji-hegemoni-sastra-residual/.

Isnendes, C. R. (2010a). Kajian Sastra Aplikasi Teori & Kritik pada Karya Sastra Sunda dan Indonesia. Bandung: Daluang Publishing.

Isnendes, C. R. (2010b). Teori Sastra. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, FPBS UPI.

Isnendes, C. R. (2014). Estetika Sunda Sebagai Bentuk Kearifan Lokal. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 194-206.

https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.145

Jama, K. B. (2021). Kajian Ekofeminisme dalam Estetika Sastra Goet Paki Ata Karya Yoseph Ngadut. Jurnal Lazuardi, 4(1), 34-42.

https://doi.org/10.53441/jl.Vol4.Iss1.52

Koswara, D. (2010). Sastra Sunda Buhun. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah, FPBS UPI.

Narayanasandhy, I. W. M. D. (2019). Sestina dalam Sudut Pandang Estetika Monroe. C. Berdsley. Ikonik: Jurnal Seni dan Desain, 1(1), 37.

https://doi.org/10.51804/ijsd.v1i1.424

Pertiwi, A. W. E., Madinah, F. Z., & Wulandari, R. (2018). Estetika Antologi Puisi-Puisi Pujangga Baru. Jurnal Seni dan Budaya, 2(1), 9-19.

https://doi.org/10.24114/gondang.v2i1.9762

Ratna, N. K. (2007). Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riskawati, E., Nensilianti, N., & Saguni, S. S. (2023). Degradasi Budaya Sastra Lisan Kelong dalam Tradisi Lisan Masyarakat Jeneponto Kajian Ekolinguistik. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 221-228.

https://doi.org/10.59562/titikdua.v2i3.24686

Ruhaliah. (2020a). Filologi ti Bihari ka Kiwari. Bandung: UPI Press.

Ruhaliah. (2020b). Sajarah Sastra Sunda. Bandung: UPI Press

Rulita, E. E. (2018). Rima dalam Cerita Pantun Budak Mandjor Sebagai Bahan Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sma. Lok, 9, 33-42.

https://doi.org/10.17509/jlb.v9i1.15616

Saputra, K. H. (2017). Puisi Jawa Struktur dan Estetika. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Sulaeman, A. (2017). Mantra Structure of Banten and Its Implication in Literary Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(I1), 150.

Sumarlina, E. S. N. (2016). Mantra Sunda dalam Tradisi Naskah Lama Antara Konvensi dan Inovasi. Bandung: Pascasarjana UNPAD.

Suwignyo, H. (1983). Lintasan Pemikiran Estetika Indonesia Modern (The Period of Orientation Minded Indonesian ' S Modern Poetry Aesthetic). Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(2), 210-223.

https://doi.org/10.20527/jbsp.v3i2.4554

Suwondo, T. (N.D.). Kaidah Estetika Sastra Melayu, Jawa, dan Indonesia. Jurnal Pengkajian dan Penelitian Sastra Asia Tenggara, 16(9), 71-78.

Suwondo, T. (2011). Studi Sastra. Yogyakarta: Gama Media.

Wardani, K. D. K. A., Gosong, M., & Artawan, G. (2013). Sikap Bahasa Siswa Terhadap Bahasa Indonesia: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2.

Wati, E. A. (2023). Tradisi Lisan Sebagai Sumber Sejarah. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah, 2(1), 52-59.

https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24049




DOI: https://doi.org/10.26499/jentera.v13i1.7325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.