KEBANGGAAN MASYARAKAT SEBATIK TERHADAP BAHASA INDONESIA, BAHASA DAERAH, DAN BAHASA ASING: DESKRIPSI SIKAP BAHASA DI WILAYAH PERBATASAN

Retno Handayani

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai sikap bahasa masyarakat di Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan membandingkan rasa kebanggaan mereka terhadap bahasa Indonesia, bahasa daerah, dan bahasa Melayu Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Dalam metode kuantitatif, data diolah dengan menggunakan kalkulasi statistik, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiolinguistik. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 108 responden dengan karakteristik sosial tertentu berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di antara ketiga variabel penelitian, kebanggaan masyarakat Sebatik terhadap bahasa Indonesia lebih tinggi dibandingkan terhadap bahasa daerah dan bahasa Melayu Malaysia.

Keywords


sikap bahasa, daerah perbatasan, komunitas multilingual

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. 2000. Bahasa Indonesia: Pemakai dan Pemakaiannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Allport, G.W. 1954. Attitude in The History of Social Psychology dalam Warren dan Jahoda (1973: 1--27).

Anderson, Edmund A. 1974. Language Attitude, Belief, and Values: A study in Linguistic Cognitive Frameworks : Disertasi. Georgetown University

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dittmar, Norbert. 1976. Sociolinguistics. London: Edward Arnold.

Gunawan, Asim. “Reaksi Subjektif terhadap bahasa Indonesia Baku dan Non Baku: Sebuah Pengkajian Sikap Bahasa”. Makalah dalam Buku C Kongres Bahasa Indonesia IV 21—26 November 1983. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Hasyim, Munira. “Faktor Penentu Penggunaan Bahasa pada Masyarakat Tutur Makasar: Kajian Sosiolinguistik di Kabupaten Gowa” dalam Jurnal Humaniora Volume 20 No.1 Februari 2008, Halaman 75—88. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Kridalaksana, Harimurti. 1985. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Jakarta: Nusa Indah.

Liang, Sihua. 2015. Language Attitudes and Identities in Multilingual China. New York: Springer International Publishing.

Milroy, Lesley and Matthew Gordon. 2003. Sociolinguistics. Australia: Blackwell Publishing.

Percy, Carol. 2012. The languages of nation : attitudes and norms. Canada: Multilingual Matters.

Suhardi, Basuki. 1996. Sikap Bahasa. Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Vassberg, Liliane M. 1993. Alsatian Acts Of Identity : Language Use and Language Attitude. Australia: Mulitlingual Matters, Ltd.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v5i2.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.