JOSHI NI, DE, DAN O SEBAGAI KATEGORI POSTPOSISIONAL/PEMARKAH DALAM BAHASA JEPANG: KAJIAN SINTAKTIS DAN SEMANTIS

Titien Rostini

Abstract


Hasil penelitian tipologis terhadap bahasa-bahasa di dunia menunjukkan adanya berbagai corak pola urutan yang masing-masing memiliki corak internal bawahannya sendiri yang menyangkut bermacam-macam konstruksi yang ada di dalamnya. Bahasa Jepang (BJ) sebagai salah satu bahasa asing di Indonesia memiliki berbagai jenis karakteristik yang berbeda dengan struktur bahasa Indonesia. Secara tipologis, perbedaan yang paling mencolok adalah BJ memiliki linearitas kata S-O-P yang bersifat postposisional dalam bentuk partikel yang secara obligatoris muncul dalam kalimat. Secara hipotesis, dinyatakan bahwa partikel BJ berjumlah sekitar 70 jenis. Kehadiran partikel dalam kalimat bersifat multifungsi. Selain itu, dalam BJ sering ditemukan adanya partikel rangkap (double particles).Tulisan ini akan mendeskripsikan ihwal partikel (ni, de, dan o) baik yang berfungsi sebagai pemarkah (markers) atau sebagai postposisional. Selain itu, akan dikaji pula dengan melibatkan pemahan makna aspektualitas, aksionalitas dan temporalitas.

Keywords


postpositional, pemarkah, bahasa Jepang, sintaksis, semantis

Full Text:

PDF

References


Alwi,dkk. 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Atachi Akiko,et.al. 2007, 文法が弱いあなたへ Printed in Japan.

Comrie, Bernard. 1981. Language Universals and Linguistics Typology: Syntax and Morphology. Oxford: Basil Blackwell

Croff, William. 1989. Typology and Universals. Cambridge: Cambridge University Press.

Djajasudarma, Fatimah. 1990. “Situasi Telis-Atelis dan keaspekan Perfektif-Imperfektif melalui Verba Dinamis-Statif.” Dalam Linguistik Indonesia, Tahun 8 No.1. Jakarta: Lembaga Bahasa Universitas Atma Jaya,

Hajime Takamizawa, et.al. 2004. 新。はじめての日本語虚行く教育 Tokyo-Japan: Ask Press

Ishibashi Reiko. 2006, 中上級日本語表現文型 Printed in Japan

Kikuko tatematsu. 1994. 日本語の手紙の書き方. Tokyo-Japan: The Japan Times-Inter-University Center for Japanese language Studies.

Kridalaksana, Harimukti. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kudoo, Mayumi. 1995. Asupekuto, Tensu Taikei to Tekusuto. Gendai Nihonggo no Jikan no Hyoogen. Japan: Hitsuji Shoboo.

Rostini, Titien. 2003. “Aspektualitas Bahasa Jepang: Kajian Sintaksis dan Semantik. Bandung.” Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran.

--------2006. “Tata Bahasa Kasus Bahasa Inggris Versi Fillmore (1970) dalam Kalimat Bahasa Jepang: Kajian Sintaksis dan Semantik.” Bandung: Jurusan Bahasa Jepang STAB Yapari-ABA Bandung.

--------2008. “Pemanfaatan Metode dan teknik Distribusional dalam Kajian Sistem Kala Bahasa Jepang.” Bandung, Seminar Nasional Implementasi Proses Belajar Mengajar Keterampilan Berbahasa Jepang, Program Studi Bahasa Jepang Universitas Widyatama.

--------2007. Fungsi Partikel dalam Bahasa Jepang. Jakarta, Konferensi Linguistik Internasional ke-5, Pusat Kajian Bahasa UNIKA Atma Jaya.

--------2010. Analisis Linguistik Kontrastif Verba Statif dalam Bahasa Inggris-Bahasa Jepang. Bandung: Jurnal Sastra Jepang FASA UNIKA Maranatha.

--------2010. “Perilaku Sintaktis ‘Jibun’ dalam Kalimat Bahasa Jepang: Kajian Anaforis dan Kataforis.” Bandung, Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang-Korwil Jabar/ FPBS Universitas Pendidikan UPI..

--------2011. “Perihal Aspektualitas dan Sistem Kala Bahasa Jepang: Kajian Morfologi dan Semantik.” Humaniora, Jurnal Budaya, Sastra, dan Bahasa. Yogyakarta: FIB Gajah Mada.

Seichi, Makino & Michio Tsutsui. 1986, A Dictionary of Basic Japanese Grammar. Japan: The Japan Times Ltd.

--------199, A Dictionary of Intermediate Japanese Grammar. Japan: The Japan Times Ltd.

Sobarna, Cece. 2003. Preposisi Bahasa Sunda: Satu Kajian Struktur dan Semantik. Bandung: Program Pascarajana Universitas Padjadjaran.

Tatsuya Nagashima. 1983. Nihonggo Bunpou Handobukku. Japan: Pana-Lingua Institute of Japanese Language.

Tadjuddin, M. 1993-a. Pengungkapan Makna Aspektualitas Bahasa Rusia dalam Bahasa Indonesia: Suatu telaah tentang Aspek dan Aksionalitas. Penerbit Pusat pembinaan dan pengembangan Bahasa, Jakarta.

Yamazaki Masatoshi, et.al. 1994, ロングマン言語学用語 辞典 Printed in Japan




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v2i2.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.