Kualitas Modul Elektronik Berbasis Contextual Teaching and Learning Terintegrasi Pendidikan Karakter untuk Menulis Karya Ilmiah

Winda Noprina, Dina Fitria Handayani

Abstract


The success of learning in the classroom is largely determined by lecturers’ planning such as the ability of the lecturer in providing the appropriate teaching materials for their classroom. However, teaching materials for scientific writing are still used books or references. There is no specific scientific writing book such as a module integrated by honesty characteristic. Honesty is  one of the important characters in scientific writing, so that it is crucial to compile the good quality of that module. This study aims to test the quality of electronic modules (e-modules) based on integrated CTL character education for writing scientific work. The research method used is research and development method which used 4-D model which consist of four phases namely: define design, development, and assimilation.  in the 3rd stage, namely development. The degree of validity, practicality, and effectiveness of the module are tested in this research. The validity test results show that the validity of this CTL-based e-modules designed is very high with a validity percentage of 82%. E-module is relatively practical both in terms of ease of use and time aspects used. The percentage of the practicality of lecturer response test results reach 81%, while the student response test is 79%. E-modules is quite effective to enhance student activities and learning outcomes and also to build a spirit of honesty in writing scientific work. This can be seen through observation, the six indicators of activeness are in the category very active. The results obtained in general categories are very good.

 

Abstrak

Suksesnya pembelajaran di kelas sangat ditentukan oleh perencanaan dosen. Termasuk dalam perencanaan tersebut adalah rencana bahan ajar yang digunakan. Bahan ajar menulis karya ilmiah yang ada selama ini masih merupakan buku-buku ajar atau referensi, belum ada yang menuntun secara spesifik penulisan karya ilmiah dalam bentuk sebuah modul dan juga mengintegrasikan karakter kejujuran yang menjadi salah karakter penting dalam penulisan karya ilmiah. Untuk itu, modul yang disusun harus memiliki kualitas yang baik. Maka, penelitian ini bertujuan menguji kualitas modul elektronik (e-modul) berbasis CTL terintegrasi pendidikan karakter untuk menulis karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4-D pada tahap ke-3 yakni pengembangan (development). E-Modul diuji tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis CTL yang dirancang tergolong sangat valid dengan persentase validitas 82%. E-modul tergolong praktis baik dari aspek kemudahan dalam penggunaan maupun aspek waktu yang digunakan. Persentase praktikalitas dari hasil uji respon dosen mencapai 81%, sedangkan uji respon mahasiswa 79%. E-modul yang dirancang tergolong efektif untuk membangkitkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa serta membangun semangat kejujuran dalam menulis karya ilmiah. Hal tersebut terlihat dari hasil pengamatan yang dilakukan observer, dari enam indikator keaktifan berada pada kategori sangat aktif. Hasil belajar yang didapat secara umum berkategori sangat baik.


Keywords


quality; e-module,;CTL; character

References


Eva Maela Sofia, Irfai Fathurohman, I. P. (2020). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Peningkatan keterampilan Menulis Pendapat Pribadi. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 3, 249-262. https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4783

Hafsah, N. R. J., Rohendi, D., & Purnawan. (2016). E-Modul Sebagai Media dalam Penigkatan Kualitas Belajar. Jurnal Teknik Mesin, 03(01), 106-112. https://doi.org/10.17509/jmee.v3i1.3200

Lako, A. (2012). Plagiarisme Akademik. Harian Jawa Pos Radar Semarang, 1-7. https://storage.kopertis6.or.id/

Noprina, W. (2019). Pengembangan Modul Menulis Cerpen berbasis Project Based Learning (PJBL) untuk Siswa MA Ar-Risalah. Bahastra, 4 No.1(1), 162-169.

Rahmiati. (2013). Problematika Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Adabiyah, 13(2), 160-175. http://103.55.216.56/index.php/adabiyah/article/view/-363

Rahmiati. (2014). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al-Daulah, 3(2), 254-269. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ad.v3i2.1513

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. In Alfabeta. Alfabeta.

Rinusantoro, S. (2014). Aplikasi Deteksi Kemiripan Dokumen Teks.

Rohman, W. A. (2017). Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran KOntekstual Berintegrasi Nilai-nilai Islam. Jurnal Pi, Pend. Mat. STKIPH, 1(01), 27-31. https://core.ac.uk/

S. Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Insania, 17(2), 231-247. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/insania.v17i2.1500

Susanti, R. (2013). Penerapan Pendidikan Karakter di Kalangan Mahasiswa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 480-487. https://doi.org/10.15548/jt.v20i3.46

Zaharah, Z., & Susilowati, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Modul Elektronik di Era Revolusi Industri 4.0. Biodik, 6(2), 145-158. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.8950




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.