Analisis Metode Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Kota Palu

Yunidar Yunidar, Gusti Alit Saputra, Syamsuddin Syamsuddin

Abstract


The purpose of this study was to analyze online learning methods in the Indonesian language subject at the Palu City Middle School (SMP). This research is a qualitative descriptive research to get an overview of the application of online learning methods in Indonesian language subjects. The subjects of this study were 180 junior high school students, 18 teachers, and 125 parents. Data collection was carried out using an instrument in the form of a Google form questionnaire to obtain data about online Indonesian language learning in junior high schools. The results showed that the readiness of media and online learning applications was very good, which was marked by support from schools and parents in the form of laptop/cellphone facilities and the use of the Google Classroom application, teacher's room, WhatsApp, and other applications developed by the school. Then, the school, teachers, and parents also play an optimal role by providing support for internet/wifi data packages. For students and parents, the weaknesses of learning Indonesian online are the limited meeting time and the internet network which is often interrupted so that students do not understand the material provided by the teacher. Therefore, students, teachers and parents agree that face-to-face learning will be carried out again.

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mendapatkan gambaran penerapan metode pembelajaran daring pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP berjumlah 180, guru berjumlah 18, dan orang tua siswa berjumlah 125. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket google form untuk memperoleh data tentang pembelajaran bahasa Indonesia secara daring di SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan media dan aplikasi pembelajaran secara daring sangat baik yang ditandai dengan dukungan dari sekolah maupun orang tua berupa fasilitas laptop/handphone dan pemanfaatan aplikasi google classroom, ruang guru, whatsapp, dan aplikasi lain yang dikembangkan oleh sekolah. Kemudian, pihak sekolah, guru, dan orang tua juga memberikan peran yang maksimal dengan memberikan dukungan paket data internet/wifi. Bagi siswa dan orangtua, kelemahan pembelajaran bahasa Indonesia secara daring adalah waktu pertemuan yang terbatas serta jaringan internet yang sering terganggu sehingga siswa kurang mengerti materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, siswa, guru, dan orang tua setuju jika pembelajaran tatap muka kembali dilaksanakan.


Keywords


Metode; pembelajaran daring; bahasa Indonesia; siswa

Full Text:

PDF

References


Adila. (2020). Faktor yang memengaruhi kesulitan belajar daring terhadap pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Negeri 3 Gowa. Jurnal Universitas Muhammadiyah Makassar. 6(1)

Anatasya, D. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Kebahasaan, 1(9). https://doi.org/10.35796/kaling.9.2.2021.3894

Argaheni. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi COVID-19 terhadap mahasiswa Indonesia. Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Arizona, dkk (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64-70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Asmawadi (2021). Fun learning melalui media whatsapp pada pembelajaran jarak jauh untuk kelas 1 sekolah dasar. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i1.16

Bilfaqih, Y. (2015). Esesnsi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish.

Bramasta (2021). Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 2(2). https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i2.13330

Charis Vita Juniarty Boangmanalu, & Valentino Reykliv Mokalu. (2022). Pendidikan Agama Kristen Dalam Lingkungan Pembelajaran Efektif Di Masa Pandemi Covid-19. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan dan Sosial, 11(1), 1-13. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v11i1.1616

Dewi & Rukayah (2021). Analisis kesulitan pembelajaran daring yang dialami guru dan peserta didik pada pelajaran tema 4 KD 3.10 di kelas III sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5).

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465-503. fhttps://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Harike. (2021). Pengaruh Covid-19 Terhadap Penerapan Pembelajaran Daring Pada SMA Negeri 11 Luwu. Indonesian Journal of Education and Humanity, 1(2), 98-106.

Hartono. (2009). Profil Pengembangan dan Implementasi Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Smp/Mts Di Kota Semarang. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 5 (1).

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291

Iswanto (2021). Optimalisasi Peran Guru dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD), 2(1), 314-327. https://doi.org/10.58839/jad.v2i2.785

Khasidah, M. N., & Putri, R. (2021). Hambatan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring di Universitas Amikom Purwokerto. Teori Komunikasi dalam Praktik, 1, 92.

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah, 4(2), 200-209. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945

Mana, L. H. A. (2021). Kebutuhan Mahasiswa terhadap Bahan Ajar di Era Pandemi. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(1), https://doi.org/10.26499/rnh.v10i1.3651

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Rahayu, A., & Fitri, A. (2021). Hakikat perencanaan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 36-48. https://doi.org/10.52166/pentas.v7i1.2201

Reflianto, (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343

Ridwan. (2021). Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK. Urnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 1(3), 36-49. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i1.22

Rini, A., & Mulyani, M. (2021). Bentuk Tuturan Persuasif Iklan Layanan Masyarakat Di Youtube Sebagai Materi Ajar Teks Iklan SMP/MTS. Kabastra, 1(1), 1-6. https://doi.org/10.31002/kabastra.v1i1.1

Riyadi, D. S., Anwar, N., & Nurhidayati, R. P. (2021). Urgensi Pemanfaatan Media Pembelajaran Pai Berbasis Information And Communication Technologies (Ict) Di Masa Pandemi Covid-19. Educandum, 7, 116.

Siregar, N., & Nara, H. H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sumargo. (2020). Teknik sampling. UNJ press.

Sutarsih. (2017). Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Demak pada 2014. Madah, 7(1), 63-74. https://doi.org/10.31503/madah.v7i1.443

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Taib (2021). Analisis kompetensi guru paud dalam membuat media video pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1799-1810. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1842

Wahyudi, (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.26499/rnh.v12i2.6413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.