BENTUK DERIVASI BAHASA MELAYU DIALEK SAMBAS

Wahyu Damayanti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu kenyataan bahwa proses pembentukan kata dalam suatu bahasa yang dilakukan dengan afiksasi dapat mengubah dan dapat mempertahankan identitas leksikal kata dan kategori kata. Fenomena ini banyak dijumpai dalam bahasa Melayu dialek Sambas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk derivasi bahasa Melayu dialek Sambas. Manfaat yang diharapkan dapat menjadi salah satu sumbangan pikiran dalam upaya pembinaan dan pengembangan bahasa pada umumnya dan sebagai sumber informasi tertulis tentang bentuk derivasi bahasa Melayu dialek Sambas pada khususnya. Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan yang memuat bahasa Melayu dialek Sambas di Kalimantan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak libat cakap, dan teknik catat. Hasil analisis, menunjukkan bahwa afiks derivasi bahasa Melayu dialek Sambas meliputi afiks derivasi pembentuk verba, afiks derivasi pembentuk nomina, afiks derivasi pembentuk numeralia. Afiks pembentuk verba dalam bahasa Melayu Dialek Sambas ada tiga belas yaitu, prefiks be-, prefiks di-, prefiks me, prefiks ti-, sufiks-kan, sufiks –ek, simulfiks N-kan, simulfiks N-an, konfiks di-kan, konfiks di-ek, konfiks me-ek, konfiks be-kan, dan konfiks si-an.Afiks pembentuk nomina ada empat yaitu prefiks pe-, prefiks ke-, sufiks-an, dan konfiks ke-kan. Afiks pembentuk numeralia hanya ada satu yaitu prefiks se-.

Keywords


derivasi; Melayu; dialek Sambas

Full Text:

PDF

References


Akmajian, A., Demers, R. A. Harnish, R. M. (1987). Linguistics: an introduction to language and communication. London, England: The Massachusetts Institute of Technology.

Arifin, Z. & Junaiyah H. M. (2009). Morfologi: bentuk, makna, dan fungsi. Jakarta: Grasindo.

Badudu, A. M. & Herman. (2005). Morfosintaksis. Jakarta: Rineka Cipta Bolinger, D. (1975). Aspects of language. Second Edition. New York, Chicago, San Francisco, Atlanta: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Chaer, A. (2003). Linguistik umum. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. (2008). Morfologi bahasa Indonesia: Pendekatan Proses. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, A. & Hijriah, A. (2004). Struktur dan fungsi kalimat bahasa Melayu Sambas. Pontianak: Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat. Fatinah, S. (2013). Sistem derivasi bahasa Muna. Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Sawerigading, 19 (2): 281-290.

Firmansyah, E. U. (2013). Analisis relasi makna adjektiva dasar dalam bahasa Melayu dialek Sambas. Diperoleh urayg.blogspot.com/2013/03/ analisis- relasi-maknaadjektiva-dalam.html.

Kurniati, A. (2005). Kalimat imperatif bahasa Melayu Sambas. Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat. Pontianak.

Mahsun. (2007). Metode penelitian bahasa: Tahapan strategi, metode, dan tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Martina, et al. (2013). Tata bahasa Melayu dialek Sambas. Pontianak: Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Barat.

Pateda, M. (2001). Semantik leksikal. Jakarta: Rineke Cipta. Putrayasa, B. I. (2010). Kajian morfologi (Bentuk derivasional dan infleksional). Bandung: PT Refika Aditama.

Ramlan, M. (2009). Ilmu bahasa Indonesia: Morfologi suatu tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Susilo, F. (1995/1996). Fonologi bahasa Melayu Sambas. Proyek Penelitian dan Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia dan daerah Kalimantan Barat.

Trimantomo, et al. (1983/1984). Morfo-Sintaksis bahasa Melayu Sambas.Proyek Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Kalimantan Barat. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Verhaar. (2008). Asas-asas linguistik umum. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sekilas Bahasa Suku Sambas/Melayu Sambas. (2012, 6 Maret).

Diperoleh 10 Maret2015 dari http://misterpangalayo.blogspot .com/2012/03/bahasa-melayusambas.html

Membangun Sambas. (2011, 25 Agustus). Diperoleh 25 Januari 2016 dari: http://hamdimembangunsambas .blogspot.co.id/2011/08/sukumelayu-sambas.html




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v12i2.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->