LE PETIT PRINCE KARYA ANTOINE DE SAINT-EXUPERY DALAM TANGGAPAN DAN HORIZON HARAPAN PEMBACA (Le Petit Prince of Antoine de Saint-Exupéry in Readers’ Response and Horizon Hope)

Tania Intan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan pembaca terhadap novel Le Petit Prince, menguraikan horizon harapan pembaca terhadap novel Le Petit Prince, dan memaparkan faktor-faktor penyebab perbedaan tanggapan dan horizon harapan pembaca. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Ada dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer mengacu pada objek penelitian, yaitu novel Le Petit Prince, sedangkan data sekunder berupa teks-teks yang memuat tanggapan pembaca novel Le Petit Prince yang terdiri atas 20 orang yang terdapat pada media massa
cetak dan elektronik, termasuk internet. Instrumen penelitian berupa tabel-tabel isian yang mengaitkan pembaca, tanggapan pembaca, dan horizon harapan. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dirumuskan dalam tiga poin. Pertama, seluruh pembaca menanggapi atau menilai positif unsur tema, alur, tokoh, latar, sudut pandang, gaya bahasa, teknik penceritaan, bahasa, dan isi novel Le Petit Prince. Kedua, harapan sebagian besar pembaca sebelum membaca novel Le Petit Prince sesuai dengan kenyataan ke sembilan unsur di dalam novel Le
Petit Prince sehingga pembaca dapat dengan mudah menerima dan memberikan pujian pada novel tersebut. Ketiga, faktor penyebab perbedaan tanggapan dan horizon harapan pembaca selain perbedaan stressing unsur yang ditanggapi juga karena perbedaan pengetahuan tentang sastra, pengetahuan tentang kehidupan dan pengalaman membaca karya sastra.

(This study aims to describe the readers responses to the novel Le Petit Prince, the readers' horizon of hope for the novel Le Petit Prince, and the factors that cause differences in responses and readers' expectation horizons. This study included a type of qualitative descriptive study. There are two data sources, namely primary and secondary data sources. The primary data source refers to the object of the research, the Le Petit Prince novel, while the secondary data is in the form of texts that contain the readers' responses of Le Petit Prince's novels consisting of 20 people, which are contained in print and electronic mass media including the internet. The research instrument is in the form of tables that link readers, readers' responses, and expectation horizons. Data is collected by means of observations and data analyzed using qualitative descriptive techniques. The results of the research are as follows. First, all readers respond or positively assess the elements of the theme, plot, character, setting, point of view, language style, storytelling techniques, language, and contents of the Le Petit Prince novel. Second, the hope of most readers before reading the Le Petit Prince novel is in accordance with the reality of the nine elements in the novel Le Petit Prince so that readers can easily receive and give praise to the novel. Third, the factors that cause differences in responses and readers' expectation horizons in addition to differences in elemental stressing are also responded to because of differences in knowledge about literature, knowledge of life and the experience of reading literature.)

 


Keywords


tanggapan; pembaca; horizon harapan; responses; readers; expectations horizon

Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bakanekonomama. (2011). Review The Little Prince. Diperoleh dari https://www.goodreads.com/review/show/243528273.

Carrier-Lafleur, T. (2011). Le rôle des déceptions dans À la recherche du temps perdu de Marcel Proust. Autofiction, crise du sujet et montage identitaire. Etudes Litteraires, 42(2).

Dermawan, R. & Ajisaputra, C. (2014). Tanggapan pembaca terhadap Novel Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy: Tinjauan resepsi sastra. Caraka.1(1).

Dion. (2012). The Little Prince (Pangeran Kecil). Diperoleh dari https://dionyulianto.blogspot.com/2012/10/the-little-prince-pangeran-kecil.html.

Jauss, H. R. (1974). Literary History As A Chalenge. Dalam Ralp Caken (ed.), Literary History Rudledje & Kegan Paul. London: New Direction.

Junus, U. (1985). Resepsi sastra, sebuah pengantar. Jakarta: Gramedia.

Katsu. (2015). Critique Le Petit Prince Antoine de Saint-Exupery. Diperoleh dari https://lespetiteslecturesdepauline.wordpress.com/2015/07/24/critique-le-petit-prince-antoine-de-saint-exupery.

Kyslegion, A. (2015). Avis sur Le Petit Prince. Diperoleh dari https://www.senscritique.com/livre/Le_Petit_Prince/critique/46850811.

Nastasia. (2013). Critiques de le Petit Prince. Diperoleh dari https://www.babelio.com/livres/Saint-Exupery-Le-Petit-Prince/36712/critiques.

Pradopo, R. D. (1986). Estetika Resepsi, Teori dan Penerapannya. Dalam Sulastin Sutrisno, et al. Bahasa dan Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (1995). Beberapa teori sastra, metode kritik, dan penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rachmadiah, T. P. (2017). Analisis struktural intrinsik dalam transformasi novel Le Petit Prince ke komik the little prince. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Ratna, N. K. (2011). Teori, metode, dan teknik penelitian sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saint-Exupéry, A. de. (1999). Le Petit Prince. Paris: Gallimard.

Saint-Exupéry, A. de. (2009). Pangeran Kecil. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saraswati, E. (2011). Resepsi estetis pembaca terhadap novel Supernova karya Dee Lestari. Atavisme, 14(2), 156-169.

Satria, B. (2016). Book’s review Le Petit Prince (The Little Prince). Diperoleh dari http://milkyway-bs.blogspot.com/2016/12/books-review-le-petit-prince-little.html.

Segers, R. T. (1978). The evaluation of literary texts. Lisse: The Peter de Ridder Press.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan ilmu sastra: Pengantar teori sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Vodicka, F. (1964). The history of the echo of literary words. Dalam Paul L. Garvin (ed.). A Prague School Reader on Esthetics, Literary Structure and Style.Washington.

Vox. (2015). Derrière Le Petit Prince Une Leçon de Philosophie. Diperoleh dari http://www.lefigaro.fr/vox/culture/2015/07/29/31006-20150729ARTFIG00277-derriere-le-petit-prince-une-lecon-de-philosophie.php.

Yudistyanto, U. M. (2013). Pendekatan sosiologi sastra, resepsi sastra, dan nilai pendidikan dalam novel Pulang karya Leila S. Chudori. Tesis. Surakarta: UNS.




DOI: https://doi.org/10.26499/jk.v15i1.873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

 

Jalan Haluoleo, Kompleks Bumi Praja, Anduonohu, Kendari 93231

Telepon(0401) 3135289, 3135287

pos-el: kandaisultra@gmail.com

 



-->