CITRA WANITA BANJAR DALAM CERPEN "EPISODE DURIAN" KARYA NAILIYA HIKMAH

Agus Yulianto

Abstract


                                                          Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra wanita Banjar dalam cerpen “Episode Durian” karya Nailiya Nikmah. Penelitian mengenai citra wanita Banjar dalam karya sastra dilakukan karena masih sedikitnya penelitian yang membahasnya.Citra wanita Banjar yang dianalisis dalam cerpen “Episode Durian” ini adalah semua wujud gambaran atau lukisan mental spritual dan tingkah laku keseharian yang terekspresikan oleh wanita dalam cerita. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil analisis  engungkapkan bahwa citra wanita Banjar yang terdapat dalam cepern “Episode Durian” ini adalah menjaga kesucian, mencintai suami, taat pada suami, memiliki akhlak yang baik, dan sosok istri yang salihah.

Kata kunci: citra, wanita, cerpen.

 

                                                           Abstract
The aim of this study is to find out Banjarese women’s images in a short story “Episode Durian” by Nailiya Nikmah. The study about Banjarese women’s images in literature work is only a few. The images analyzed in this short story are the women’s spiritual and mental descriptions and daily activities. The result shows that the images of Banjarese women are keeping their chastity, loving and obeying their husband, having good attitude, and being a pious wife.
Keywords: image, women, short story


Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. 2000. Alquran dan Terjemahannya. Bandung: CV Diponegoro. Furchan, Arief. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Hajriansyah. 2008. Nyanyian Tanpa Nyanyian (kumpulan cerpen). Banjarmasin: Media Tahura. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2012.

Departemen Pendidikan Nasional: Balai Pustaka.

Mu,jizah, dkk. 2003. Citra Wanita dalam Hikayat Panji Melayu. Jakarta: Pusat Bahasa. Pradopo, Rahmat Joko. 1987. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada Universty Press.

Semi, M. Atar. 1990. Anatomi Sastra. Padamg:Angkasa.

Suminar, Cucu. 2006. Citra Wanita dalam Cerita Rakyat Kalimantan Selatan. Banjarbaru: Balai Bahasa Banjarmasin.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v1i1.2034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->