ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PENJUAL DAN PEMBELI DI PASAR TRADISONAL NAMLEA

Maryam Henaulu, Karim, Risman Iye, Yulismayanti, Taufik

Abstract


 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan alih kode, campur kode, dan faktor penyebab terjadinya campur kode penjual dan pembeli di pasar tradisional Namlea. Penelitian ini adalah penelitian deskkritif kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan pada fakta yang ada atau fenomena yang secara empiris hidup pada penuturnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik pustaka adalah teknik yang menggunakan sumber-sumber tertulis untuk menunjang data peneliti. Data yang telah diklasifikasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan tiga macam alih kode penjual dan pembeli di pasar tradisional Namlea yakni: 1) Alih kode yang dilakukan penutur; 2) Alih kode dilakukan oleh mitra tutur; dan 3) Alih kode yang dituturkan oleh penutur ketiga. Kemudian faktor penyebab terjadinya campur kode adalah campur kode penyisipan kata dan campur kode penyisipan frasa.

 Kata Kunci: alih kode, campur kode, pasar, Namlea

 
 

Abstract

This study aims to describe the code experts and code mix and the factors that cause the mixing of seller and buyer codes in the traditional namlea market. This research is a qualitative descriptive study, a research conducted solely based on facts or phenomena that empirically live on the speaker. Data collection techniques used were library, refer and note technique. Library technique is a technique that uses written sources to support researchers' data. The data that has been classified is analyzed descriptively qualitatively. The results showed three types of code switching of sellers and buyers in the traditional namlea market, namely: 1) Code switching by the speaker; 2) Code switching is done by the speech partner; and 3) Code switching spoken by the third speaker. then Factors that cause code mixing are mixed word insertion codes and mixed phrase insertion codes.

 Keywords: code transfer, mix code, market, Namlea


Keywords


Code Transfer. Mix Code. Market. Namlea

Full Text:

PDF

References


Atiek, Diyah. 2015. Alih Kode dan Campur Kode Antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 2.

Aslinda dkk. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.

Bloomfield, Leonard. 1958. Language. USA :Motilal Banarsidass Publishe

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik, Perkenalan Awal (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Iye, Risman. "Tuturan Emosi Mahasiswa Kota Baubau dalam Ranah Demonstrasi [Emotional Speech of The Students In Baubau City In The Demonstration]." TOTOBUANG, 6 (1), 125 138 (2018).

Rahman, Abd. 2016. Kesopanan Berkomunikasi dalam Aspek Konsep Wajah. Jurnal LOA (Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan) Balai Bahasa Kalimantan Timur Vol.11 No 2.

Rulyandi dkk. 2014. Alih Kode Dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Paedagogia (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret), Vol. 17 No. 1.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sumarsono. 2011. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susmita. 2015. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 12 Kerinci. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora. Vol. 17, No 2.

Suwito. 1983. Pengantar Awal Sosiolinguistik Teori dan Problema. Surakarta: UNS Press.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v15i1.2170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->