TEMA DAN NILAI MORAL DALAM EMPAT CERITA PENDEK TERBITAN SURAT KABAR MANUNTUNG DI KALIMANTAN TIMUR

Yudianti Herawati

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur cerita dalam empat cerpen  terbitan surat kabar harian Manuntung periode 1988 terkait dengan tema dan nilai moral. Masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana bentuk indentifikasi cerita dalam keempat cerpen yang terbit di Manuntung, (2) bagaimanakah tema dalam keempat cerpen yang terbit di Manuntung, dan (3) bagaimana pula nilai-nilai moral dalam keempat cerpen yang terbit di Manuntung. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan memanfaatkan teknik deskripsi, sedangkan teori yang digunakan adalah pendekatan intrinsik. Teknik analitik juga digunakan untuk menentukan makna isi cerita dalam cerpen-cerpen tersebut sebagai objek penelitian. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa tema dalam keempat cerita pendek terbitan surat kabar Manuntung periode 1988 di Kalimantan Timur memiliki perwatakan dan karakteristik penceritaan yang berbeda, sedangkan nilai moral dalam cerpen-cerpen itu sebagai cerminan kehidupan yang dialami masyarakat dengan latar, waktu, dan lingkungan tertentu yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa di lingkungan sosial dan budaya di Kalimantan Timur.

 

Kata kunci: intrinsik, nilai, moral, sosial, budaya

 

Abstract

The purpose of this study was to describe the structure of the story in the four short stories published by the 1988 Manuntung daily newspaper related to moral themes and values. The problems in this study include (1) what are the forms of story identification in the four short stories published in Manuntung, (2) what are the themes in the four short stories published in Manuntung, and (3) what are the moral values in the four short stories published in Manuntung. This research is qualitative by utilizing descriptive techniques, while the theory used is an intrinsic approach. Analytical techniques are also used to determine the meaning of the story content in the short stories as the object of research. The results of this study indicate that the themes in the four short stories published by the Manuntung newspaper in the 1988 period in East Kalimantan have different narrative characteristics and characteristics, while the moral values in the short stories reflect the life experienced by the community with a certain background, time and environment the background for the occurrence of events in the social and cultural environment of East Kalimantan. 

 

Key words: intrinsic, value, moral, social, culture


Full Text:

PDF

References


Birawono, Iin E. Cerpen ”Di Atas Tempaan Lalah”. Balikpapan: Terbitan Harian Manuntung. (Rabu, 12 Oktober 1988 halaman VI).

Boenna, Roedy Rachmaddi Masykoer. Cerpen ”Buntut”. Balikpapan: Terbitan Manuntung. (Rabu, 28 Desember 1988 halaman VI).

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Effendy, Chairil. 2011. ”Sastra Modern di Kalimantan Barat: Dahulu dan Kini” dalam Korrie Layun Rampan. Sumbangan Borneo Kalimantan terhadap Sastra Indonesia, Brunei Darussakam, dan Malaysia. Yogyakarta: Araska Printika.

Herawati, Yudianti 2020. ”Tema Percintaan dalam Tiga Cerita Pendek Terbitan Surat Kabar Manuntung di Kalimantan Timur (Periode 1988--1989)” dalam Jurnal LOA Ketatabahasaan dan Kesusatraan. Volume 15 Nomor 2, Desember 2020. Halaman 93--181. Samarinda: Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur.

Larisya, Ifta. Cerpen ”Dari Sebuah Kegagalan”. Balikpapan: Terbitan Harian Manuntung. (Kamis, 3 November 1988 halaman VI).

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Rampan, Korrie Layun. 2011. ”Kalimantan Timur dalam Sastra Indonesia” dalam Korrie Layun Rampan. Sumbangan Borneo Kalimantan terhadap Sastra Indonesia, Brunei Darussakam, dan Malaysia. Yogyakarta: Araska Printika.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahyudi, Sukardi. Cerpen ”Dermaga Biru”. Balikpapan: Terbitan Harian Manuntung. (Kamis, 21 Juli 1988 halaman VI)

Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.26499/loa.v16i1.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

View My Stats

 

 

 

 
-->